Rivani, Andina (2018) Prosedur Pemberian Kredit dan Pengendalian Kredit Pada PT. Pegadaian Cabang Ulak Karang Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (522kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I pdf.pdf - Published Version Download (591kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB Vpdf.pdf - Published Version Download (479kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (574kB) | Preview |
|
Text (TA FULL)
TA SUDAH DI UPLOAD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman, maka kebutuhan masyarakat juga semakin bertambah dan beraneka ragam jenisnya. Banyak masyarakat yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan yang sifatnya tiba-tiba. Oleh karena pentingnya kebutuhan tersebut, akhirnya mereka memutuskan untuk meminjam uang pada rentenir. Dan pada saat akan mengembalikan pinjaman, mereka mengalami kesulitan karena terbebani bunga yang cukup besar. Untuk menghindari hal tersebut, maka Pemerintah mendirikan sebuah Lembaga Keuangan Non Bank yang diberi nama PT. Pegadaian (Persero). PT. Pegadaian (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertujuan membantu program pemerintah untuk menyehatkan perekonomian nasional dengan cara penyaluran dana dalam bentuk kredit sekaligus menjadi solusi dari berbagai permasalahan keuangan sesuai dengan mottonya “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”. Kredit tersebut dapat diberikan kepada masyarakat atau wirausahawan yang memerlukan sesuai dengan visi dan misi Perum Pegadaian yaitu bagaimana masyarakat mendapat perlakuan dan kesempatan yang adil dalam perekonomian, dan sekaligus memupuk keuntungan berdasarkan pada prinsip pengelolaan perusahaan yang sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam pedoman operasionalnya yaitu Peraturan Pemerintah No.103 tahun 2000 yang mengatur tentang Perum Pegadaian. Pegadaian juga merupakan sebuah perusahaan yang mengandalkan sumber pendapatan utamanya dari operasi perkreditan dengan harapan semakin besar kredit yang disalurkan semakin besar pula margin laba yang diperoleh. Sistem dan prosedur serta program aplikasi pada setiap PT. Pegadaian (Persero) di seluruh Indonesia adalah seragam. Karena telah dirancang oleh programmer dari pusat teknologi PT. Pegadaian (Persero) yang berpusat di Jakarta. Program atau aplikasi yang digunakan PT. Pegadaian (Persero) disebut dengan PASSION (Application Support System Intregated Online) , merupakan salah satu perangkat produk lunak aplikasi online yang membantu semua proses bisnis dan transaksi yang ada di PT. Pegadaian (Persero). Dimana pimpinan mempunyai otorisasi penuh sehingga dapat mengakses semua informasi dengan menggunakan password, sedangkan kasir dan penaksir hanya dapat mengakses sebatas ruang lingkup kebutuhan bagiannya saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dra. Nini Syofriyeni,M.Si,Akt |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi |
Depositing User: | d3 akuntansi akuntansi |
Date Deposited: | 24 May 2019 10:38 |
Last Modified: | 24 May 2019 10:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45735 |
Actions (login required)
View Item |