PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG SADARI SEBAGAI DETEKSI DINI TUMOR PAYUDARA PADA REMAJA PUTRI DI SMA N 3 PADANG

Vilza Maharani, Syahnel (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG SADARI SEBAGAI DETEKSI DINI TUMOR PAYUDARA PADA REMAJA PUTRI DI SMA N 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak + Cover)
Abstrak + Cover.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup .pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penyebab utama kematian yang diakibatkan oleh kanker pada wanita salah satunya adalah kanker payudara. Pemeriksaan yang biasa dilakukan untuk deteksi dini kanker payudara adalah dengan memeriksa payudara sendiri (SADARI). Pendidikan kesehatan tentang pemeriksaan payudara sendiri akan menambah pengetahuan remaja putri sehingga akan meningkatkan status kesehatan mereka. Untuk itu perlu diberikan informasi dan pengetahuan sejak dini kepada mereka mengenai pemeriksaan payudara sendiri sebagai deteksi dini tumor payudara pada remaja putri di SMA N 3 Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Pre- Eksperimental menggunakan pendekatan one group pre-post test design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling secara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi SMA N 3 Padang tahun ajaran 2020-2021 kelas X dengan jumlah sampel sebanyak 76 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan menggunakan uji T Test Sample Paired. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan pendidikan kesehatan rata-rata responden memiliki pengetahuan cukup yaitu 56 responden (73,7%), pengetahuan baik sebanyak 15 responden (19,7%) dan pengetahuan kurang 5 responden (6,6%). Setelah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar responden masih memiliki pengetahuan cukup sebanyak 47 responden (61,8%), pengetahuan baik meningkat menjadi 27 responden (34,5%) dan pengetahuan kurang 2 responden (2,6%). Uji statistik didapatkan nilai p = 0,006 (p < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan mengenai SADARI berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan siswi di SMA N 3 Padang, sehingga sangat penting dilakukan untuk mendeteksi dini tumor payudara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiwati M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kanker Payudara, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, SADARI, Remaja Putri.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:54
Last Modified: 14 Nov 2023 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457243

Actions (login required)

View Item View Item