SUWIRNA, AFRINI (2019) GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
SKRIPSI dan ABSTRAK.pdf - Published Version Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I terbaru.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (BAB PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustka.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (Repository staff Only)
SKRIPSI full text Suwirna.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
Abstract
FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Mei, 2019 Nama : Suwirna Afrini No.BP : 1711316020 GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUP Dr. M.DJAMIL PADANG TAHUN 2018 ABSTRAK Perilaku caring merupakan bentuk dukungan emosional perawat dalam memberikan asuhan keperawatan yang merupakan komitmen moral untuk melindungi, meningkatkan martabat manusia, dan merupakan inti dari keperawatan yang membedakan perawat dengan profesi lain. Perilaku caring dapat memberikan rasa aman, nyaman, sehingga mempercepat penyembuhan pasien. Dari 217 pengaduan yang diterima di Intalasi Hubungan Masyarakat dan Pengaduan Masyarakat di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017 terdapat 56 pengaduan, diantaranya terkait dengan pelayanan keperawatan di ruang rawat inap seperti kurang ramahnya perawat dalam memberikan pelayanan serta kurang cepat tanggapnya perawat menangani keluhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku caring perawat di ruangan rawat inap RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi penelitian yaitu semua pasien yang dirawat di ruang rawat bedah dan non bedah dengan jumlah sampel 258 responden. Sampel diambil secara probability sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dimulai bulan September 2018 sampai Mei 2019. Pengolahan data dilakukan secara univariat. Hasil univariat didapatkan 52,7% perawat di ruangan rawat inap berperilaku caring baik, dan 40,7% perawat di ruangan rawat inap berperilaku caring kurang baik. Diharapkan perawat dapat meningkatkan perilaku caring terhadap pasien dengan memperhatikan sikap senyum dan mendengarkan keluhan pasien dengan tulus dan ikhlas. Rumah sakit diharapkan memperhatikan perilaku caring perawat terhadap pasien. Kata Kunci : caring perawat, pasien, perawat, perilaku caring Daftar Pustaka : 45 (2007-2019)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ns. Zifriyanthi Minanda Putri, S. Kep, M. Kep |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 24 May 2019 10:46 |
Last Modified: | 24 May 2019 10:46 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45716 |
Actions (login required)
View Item |