KAJIAN MANAJEMEN PENGARAHAN: PRE DAN POST CONFERENCE DI RUANGAN RAWAT INAP BOUGENVILLE PAVILIUN AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Fatria Surisna, Fatria (2023) KAJIAN MANAJEMEN PENGARAHAN: PRE DAN POST CONFERENCE DI RUANGAN RAWAT INAP BOUGENVILLE PAVILIUN AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (KIA Full Text)
KARYA ILMIAH AKHIR_FATRIA SURISNA_2241312050.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pengarahan pre dan post conference sangat penting dilakukan untuk saling berkoordinasi. Namun masih banyak ditemukan permasalahan dalam pelaksanaan pre dan post conference ini, diantaranya ketidaksesuaian pelaksanaan kegiatan yang telah ada pada standar operasional rumah sakit. Kegiatan pre dan post conference merupakan salah satu pelaksanaan fungsi manajemen pengarahan di pelayanan keperawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengobservasi pengarahan yang meliputi penerapan, mekanisme dan isi perencanaan pre dan post conference di ruangan Bougenville Paviliun Ambun Pagi RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan lembar ceklist observasi sesuai dengan teori yang ditemukan serta SOP. Observasi ini dilakukan selama 3 hari pelaksanaan kegiatan pre dan post conference yang melibatkan kepala ruangan, ketua tim, dan perawat pelaksana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pre dan post conference dilaksanakan pada hari pertama dan kedua namun pada hari ketiga post conference tidak dilakukan. Mekanisme pengarahan pre dan post conference masih terdapat kekurangan pada mekanisme pelaksanaan yang mencakup planning, organizing, staffing, actuating, dan controlling. Dimana pada pelaksanaannya masih terdapat beberapa item yang belum dilaksanakan. Diharapkan dilakukannya kegiatan untuk menilai pelaksanaan pre dan post conference sesuai SOP yang sudah ada. Sehingga dengan baiknya ketepatan pelaksanaan pengarahan akan berdampak pada baiknya mutu pelayanan, khususnya pada pemberian asuhan keperawatan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M. Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:35
Last Modified: 13 Nov 2023 06:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457100

Actions (login required)

View Item View Item