Peralihan Pekerjaan Dari Petani Karet Menjadi Karyawan di Perkebunan Kelapa Sawit PT Evans Lestari (Studi Kasus Desa Lubuk Ngin, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan)

Moch Bagus, Priyo Utomo (2023) Peralihan Pekerjaan Dari Petani Karet Menjadi Karyawan di Perkebunan Kelapa Sawit PT Evans Lestari (Studi Kasus Desa Lubuk Ngin, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Moch. Bagus Priyo Utomo. BP 1910821020. Jurusan Antropologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang 2023. Judul “Peralihan Pekerjaan Dari Petani Karet Menjadi Karyawan di Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus Desa Lubuk Ngin Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan)”. Sektor pertanian sangat penting dalam perekonomian masyarakat pedesaan terutama sub sektor perkebunan, beralihnya masyarakat petani karet menjadi karyawan di perusahaan perkebunan kelapa sawit di Desa Lubuk Ngin dilatarbelakangi dengan pendapatan hasil petani karet yang tidak mencukupi kebutuhan ekonomi. Adanya perusahaan perkebunan kelapa sawit memberikan pengaruh yang besar terhadap perekonomian masyarakat di Desa Lubuk Ngin akibatnya banyak lahan masyarakat petani karet di Desa Lubuk Ngin di masukan ke perusahaan perkebunan. Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan kondisi sosial ekonomi yang awalnya petani karet kemudian menjadi karyawan di perusahaan perkebunan kelapa sawit dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peralihan yang awalnya petani karet kemudian menjadi karyawan di perusahaan perkebunan kelapa sawit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan analisis data. Sedangkan, teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perubahan dalam kondisi ekonomi yang awalnya petani karet kemudian beralih menjadi karyawan di perusahaan perkebunan kelapa sawit hal ini bisa dilihat dari pendapatan, tingkat kesehatan keluarga, tingkat pendidikan, dan kondisi tempat tinggal, beralihnya pekerjaan ini juga menunjukan berubahnya kondisi sosial dilihat dari status sosial, hubungan sosial, dan nilai sosial. Peralihan ini dipengaruhi faktor internal dan eksternal diantaranya, mencari pengalaman kerja baru, keterampilan dan keahlian yang dimiliki, faktor umur dan fisik, tingkat kebutuhan keluarga, melihat yang telah bekerja hidupnya jauh lebih sejahtera, pendapatan jauh lebih besar, jaminan sosial yang diberikan, status kerja yang didapatkan, dan ganti rugi yang besar dan tidak menghilangkan atas nama kepemilikan lahan mereka. Kata Kunci : peralihan, petani karet, karyawan, sosial, ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erwin, M.S
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:15
Last Modified: 09 Nov 2023 07:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456375

Actions (login required)

View Item View Item