ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA IBU Y DENGAN KASUS OSTEOARTHRITIS MENGGUNAKAN PENERAPAN ISOMETRIC EXERCISE DI KELURAHAN PISANG KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Mutiara, Hariyanto (2023) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA IBU Y DENGAN KASUS OSTEOARTHRITIS MENGGUNAKAN PENERAPAN ISOMETRIC EXERCISE DI KELURAHAN PISANG KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abtract.pdf - Published Version

Download (712kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR _ KIA.pdf - Published Version

Download (17kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (KIA Full Text)
KIA Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Osteoarthritis (OA) merupakan penyakit sendi degeneratif yang paling sering terjadi dari berbagai banyak penyakit sendi lainnya. Penderita OA akan merasakan nyeri yang dapat menimbulkan masalah dalam beraktivitas sehari-hari. Berdasarkan hasil pengkajian kepada keluarga Bapak S ditemukan masalah manajemen kesehatan keluarga tidak efektif, maka diberikan intervensi mengenai dukungan koping keluarga dan dukungan keluarga merencanakan perawatan dan melatih keluarga dan pasien mengenai isometric exercise untuk mengatasi masalah nyeri lutut yang dirasakan Ibu Y. Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui Asuhan Keperawatan Keluarga dengan kasus osteoarthritis melalui penerapan isometric exercise. Hasil dari isometric exercise yang telah dilakukan secara rutin selama 15-20 hari kepada Ibu Y dan keluarga didapati skor nyeri yang dirasakan ibu Y berkurang yaitu dari skala nyeri 5 ke skala nyeri 2 yang merupakan kategori ringan. Keberhasilan program latihan ini tak lepas dari adanya dukungan sosial dari keluarga yang memberikan motivasi kepada Ibu Y agar menjalankan dengan baik dan rutin perawatan yang sudah dilatih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp.,MA
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Osteoarthritis, Isometric exercise
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Nov 2023 09:49
Last Modified: 15 Nov 2023 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456275

Actions (login required)

View Item View Item