Upaya Diseminasi Informasi Berbasis Kearifan Lokal oleh Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Datar (Studi Kasus pada Iklan Layanan Masyarakat “Lupo Inen” pada Radio Luhak Nan Tuo 102.5 FM)

Miftahur, Rahmi (2023) Upaya Diseminasi Informasi Berbasis Kearifan Lokal oleh Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Datar (Studi Kasus pada Iklan Layanan Masyarakat “Lupo Inen” pada Radio Luhak Nan Tuo 102.5 FM). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstract.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Upaya diseminasi informasi dibutuhkan sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal ini mengingat fenomena-fenomena yang terjadi di tengah masyarakat, dimana masih sering terjadi misinformasi, salah persepsi dan ditambah dengan adanya informasi-informasi hoaks yang beredar di masyarakat. Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Datar dalam hal ini melakukan diseminasi informasi berbasis kearifan lokal dalam bentuk iklan layanan masyarakat Lupo Inen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis proses diseminasi informasi iklan layanan masyarakat Lupo Inen serta untuk mengetahui hambatan diseminasi informasi iklan layanan masyarakat Lupo Inen. Peneliti menggunakan model Dissemination and Utilization (D&U) Ronald G Havelock untuk menjelaskan bagaimana proses diseminasi informasi iklan layanan masyarakat Lupo Inen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diseminasi informasi dimulai dengan adanya keinginan Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Datar sebagai sumber informasi untuk menyebarkan informasi mengenai penyelenggaraan permerintah maupun perubahan perilaku masyarakat, lalu informasi dikemas ke dalam iklan layanan masyarakat Lupo Inen yang mengusung tema kearifan lokal, kemudian menggunakan radio sebagai media penyebaran, dan terakhir informasi yang disampaikan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Hambatan yang ditemui selama melakukan diseminasi informasi iklan layanan masyarakat Lupo Inen, yaitu mulai dari hambatan ide, teknis, fisik, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, waktu, biaya, dan juga tidak adanya evaluasi iklan layanan masyarakat Lupo Inen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Diseminasi Informasi, Iklan Layanan Masyarakat, Lupo Inen, Kearifan Lokal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:54
Last Modified: 06 Nov 2023 02:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456076

Actions (login required)

View Item View Item