Asuhan Keperawatan Gerontik Dengan Penerapan Terapi Kompres Hangat Jahe Untuk Mengurangi Nyeri Sendi Pada Lansia Ny. S di Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Kota Padang 2023

Al Hanifah, Armes (2023) Asuhan Keperawatan Gerontik Dengan Penerapan Terapi Kompres Hangat Jahe Untuk Mengurangi Nyeri Sendi Pada Lansia Ny. S di Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Kota Padang 2023. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (950kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (627kB)
[img] Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (596kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (584kB)
[img] Text (KIA full text)
KIA full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Osteoarhtritis merupakan penyakit muskuloskeletal yang sering terjadi pada lansia. Gangguan pada system muskuloskeletal yang ditandai dengan munculnya nyeri sendi dan kekakuan yang mengakibatkan penurunan kemampuan fisiologis atau kualitas hidup lansia. Salah satu pengobatan non farmakologi yang dapat menurunkan nyeri yaitu kompres jahe. Jahe diyakini memiliki manfaat sebagai terapi antiinflamasi dan antirematik. Tujuan: Studi kasus ini bertujuan untuk menganalisis hasil intervensi non-farmakologi melalui terapi kompres jahe untuk mengurangi nyeri sendi pada lansia dengan osteoartritis. Metode: Metode yang digunakan adalah studi kasus pada lansia kelolaan di wilayah kerja Puskesmas Pauh Padang yang mengalami keluhan nyeri sendi akibat OA. Pengukuran skala nyeri dilakukan dengan Numeric Rating Scale yang dilakukan sebelum dan sesudah pemberian terapi. Terapi kompres jahe dilakukan sebanyak satu kali sehari selama 5 hari berturut – turut selama 20 menit. Hasil: Hasil menunjukkan dengan dilakukan kompres jahe secara rutin selama tujuh hari, skala nyeri sendi lansia dengan osteoarthritis menurun dari skala 5 menjadi skala 3. Saran: Kompres jahe dapat menjadi alternatif lansia dengan osteoartitis untuk membantu mengurangi nyeri sendi dan juga sebagai edukasi discharge planning dalam intervensi preventif pada lansia dengan osteoarthritis.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Mohd. Jamil, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Kompres Jahe, Lansia, Nyeri Sendi, Osteoarthritis
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:11
Last Modified: 13 Nov 2023 02:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456041

Actions (login required)

View Item View Item