ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN STROKE DENGAN LATIHAN OTOT GENGGAM MENGGUNAKAN HANDGRIP SILIKON UNTUK MENINGKATKAN KEKUATAN OTOT GENGGAM DI RUMAH

Natasya, Natasya (2023) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN STROKE DENGAN LATIHAN OTOT GENGGAM MENGGUNAKAN HANDGRIP SILIKON UNTUK MENINGKATKAN KEKUATAN OTOT GENGGAM DI RUMAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRK.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I watermark.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V watermark.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (KIA Full Text)
KIA FULL WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Stroke dapat menyebabkan kelemahan ekstremitas atau hemiparesis yang mengganggu aktivitas pasien. Kelemahan ekstremitas salah satunya dapat diatasi dengan intervensi latihan otot genggam dengan handgrip silikon. Tujuan penulisan karya ilmiah akhir ini adalah untuk menggambarkan bagaimana asuhan keperawatan pada pasien stroke untuk meningkatkan kekuatan otot genggam pasien. Asuhan keperawatan dimulai dari pengkajian, membuat analisa data, menetapkan diagnosa keperawatan, menyusun intervensi, melakukan implementasi dan evaluasi. Berdasarkan pengkajian ditemukan masalah pasien mengalami batuk berdahak, mengalami kelemahan anggota gerak pada ekstremitas atas sebelah kiri, dan mengalami gangguan saat mengendalikan BAK, sehingga diagnosa keperawatan yang diangkat adalah bersihan jalan nafas tidak efektif, gangguan mobilitas fisik, dan gangguan eliminasi urine. Gangguan mobilitas fisik yang terjadi karena kelemahan pada ekstremitas atas sebelah kiri dapat diatasi dengan memberikan asuhan keperawatan latihan otot genggam mrnggunakan handgrip silikon. Metode yang digunakan adalah studi kasus pelaksanaan asuhan keperawatan dan penerapan Evidence Based Nursing (EBN). Latihan otot genggam menggunakan handgrip silikon dilakukan selama 10 hari pada tanggal 12 – 21 Mei 2023 dengan 5 kali evaluasi. Latihan dilakukan 3 kali sehari dengan durasi 10 menit, diulangi sebanyak 3 kali, dengan waktu istirahat selama 5 menit pada setiap pengulangan. Berdasarkan kasus kelolaan didapatkan adanya kenaikan skala kekuatan otot genggam dari 2 menjadi 3 pada hari ke 6, dan mening dari skala 3 menjadi 4 pada hari ke 10. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan skala kekuatan otot genggam pada pasien stroke, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian terapi latihan otot genggam mengunakan handgrip silikon ini dapat dijadikan sebagai terapi tambahan dalam meningkatkan kekuatan otot pada pasien stroke.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Otot, Stroke, Latihan Otot Genggam, Hand Grip Silikon
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:41
Last Modified: 01 Nov 2023 06:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/456017

Actions (login required)

View Item View Item