Dinda, Septia Ningrum (2023) Gambaran Kompetensi Emosi Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (141kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (148kB) |
|
Text (BAB V Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (59kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Kompetensi emosi mengacu pada kemampuan seorang individu untuk mengekspresikan, memahami dan meregulasi emosinya. Anak usia dini sudah seharusnya memiliki kompetensi emosi yang baik. Kompetensi emosi penting dimiliki oleh anak usia dini, karena akan sangat berguna dalam kesuksesan sosial maupun keberhasilan akademik anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seperti apa gambaran kompetensi emosi pada anak usia dini di taman kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala Kompetensi Emosi yang dikonstruk oleh Susanti & Adiyanti (2022) (α= .822). Responden dalam penelitian ini berjumlah 263 anak usia dini yang bersekolah di taman kanak-kanak dengan menggunakan cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 84.8% anak usia dini di taman kanak-kanak memiliki kompetensi emosi pada kategori tinggi. Kata Kunci: Kompetensi Emosi, Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | S1 Psikologi Psikologi |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:45 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455661 |
Actions (login required)
View Item |