Potret Bissu dalam Masyarakat Makassar pada novel Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki Karya Pepi Al-Bayqunie (Tinjauan Sosiologi Sastra)

Brilyan, Cahayadi (2019) Potret Bissu dalam Masyarakat Makassar pada novel Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki Karya Pepi Al-Bayqunie (Tinjauan Sosiologi Sastra). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang potret bissu dalam masyarakat Bugis Makassar pada”novel Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki karya Pepi Al-Bayqunie.”Permasalahan”yang”dibahas”dalam penelitian ini”adalah bagaimana potret bissu dalam masyarakat Bugis Makassar pada”novel Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki karya Pepi Al-Bayqunie.”Penelitian ini”bertujuan untuk menjelaskan potret bissu dalam masyarakat Bugis Makassar pada”novel Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki karya Pepi Al-Bayqunie.” “Penelitian ini dilakukan dengan”menggunankan”pendekatan sosiologi sastra, yakni sosiologi karya.”Landasan teori yang dipakai dalam penganalisisan ini adalah teori Ian Watt tentang karya sastra sebagai cerminan masyarakat.”Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data tertulis dari teks yang mengacu pada masalah sosial.”Teknik yang digunakan adalah pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data.” “Setelah melakukan penelitian, dapat”disimpulkan”bahwa”potret bissu”dalam”masyarakat Bugis Makassar, yakni tentang bissu sebagai pemimpin spiritual dan penari sakral. Adapun pergeseran dari fungsi bissu, yaitu bissu jadi seniman dan tari sakral berubah jadi tari profan. Novel Calabai: Perempuan dalam Tubuh Lelaki bisa dipandang sebagai sebuah refleksi dari potret bissu dalam masyarakat Bugis Makassar. Kata Kunci: Potret, Bissu, Calabai, Sosiologi Sastra

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafril, M.Si.
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 24 May 2019 10:55
Last Modified: 24 May 2019 10:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45345

Actions (login required)

View Item View Item