ASUHAN KEPERAWATAN PADA An.C DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN TUMBUH KEMBANG REMAJA DI CUPAK TANGAH PAUH PADANG

BUSRINI, HARTATI (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA An.C DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN TUMBUH KEMBANG REMAJA DI CUPAK TANGAH PAUH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEK)
KIA FULL TEKS 2019.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS KARYA ILMIAH AKHIR, Maret 2019 Nama : Busrini Hartati, S.Kep NOBP : 1841312048 ASUHAN KEPERAWATAN PADA An.C DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN TUMBUH KEMBANG REMAJA DI CUPAK TANGAH PAUH PADANG ABSTRAK Remaja yang mengalami kegagalan dalam mengembangkan rasa identitasnya, akan menyebabkan kehilangan arah dan mengalami kebingungan peran yang berdampak tidak baik bagi perkembangan dirinya, mengembangkan perilaku yang menyimpang, seperti menutup diri dari masyarakat, melakukan tindakan yang kriminal atau tawuran sehingga tidak jarang dipandang oleh lingkungannya sebagai penyimpangan atau kenakalan. Tujuan karya ilmiah ini, mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan peningkatan perkembangan anak usia remaja dan manajemen kasus : pendidikan kesehatan tentang tumbuh kembang pada usia remaja di kelurahan cupak tangah pauh Padang. Metode karya ilmiah ini, study kasus pada An. C, brain storming dan diskusi kelompok tentang pendidikan kesehatan tumbuh kembang remaja. Alat ukur untuk pengetahuan menggunakan kusioner (11 pertanyaan) dan untuk identitas diri menggunakan Tennesse Self Consept Scale (TSCS). Hasil dari Management Of Care didapatkan An.C merasa percaya diri dari sebelumnya, mulai berani mengambil keputusan, mempunyai rencana kedepan serta memiliki gambaran mengenai apa yang akan dilakukannya di masa yang akan datang dan terjadi peningkatan identitas diri An.C yaitu sebelumnya nilai 83 menjadi 99 artinya mengalami peningkatan sebesar 16 poin. Sedangkan dari Management Of Service tingkat pengetahuan remaja sebelum diberikan pendidikan kesehatan rata-rata nilai 6 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan nilai meningkat menjadi 10. Secara umum terjadi peningkatan rata-rata pengetahuan remaja sebesar 4. Hasil uji paried t-test nilai p=0,000 (<0,05), artinya adanya perubahan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Saran pada orangtua agar dapat melakukan stimulasi perkembangan moral dan spritual dan kepada perawat diharapkan saat kunjungan rumah di masyarakat dapat memberikan stimulasi perkembangan remaja mengenai moral dan spritual serta aspek perkembangan lainnya. Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Tumbuh Kembang Remaja Daftar Pustaka 45 (2002-2018) FACULTY OF NURSING, UNIVERSITY OF ANDALAS FINAL SCIENTIFIC PAPER, March 2019 Name : Busrini Hartati, S.Kep Reg No : 1841312048 NURSING ASSESSMENT IN AN.C WITH THE READY TO INCREASE THE DEVELOPMENT OF ADOLESCENT AGE AND CASE MANAGEMENT: HEALTH EDUCATION GROWING DEVELOPMENT TEENAGER IN CUPAK TANGAH PAUH PADANG ABSTRACT Adolescents who experience failure in developing their sense of identity, will lead to losing direction and experiencing confusion of roles that have an adverse effect on their development, developing deviant behaviors, such as closing themselves out of society, carrying out criminal acts or brawls so that they are not rarely seen by their environment as deviations or mischief. The purpose of this scientific work is that students are able to provide nursing care to clients by increasing the development of adolescent children and case management: health education about growth and development at the age of adolescence in the ward cupak tangah pauh Padang. This method of scientific work, a case study on An. C, brain storming and group discussions about adolescent growth and health education. Measuring tools for knowledge using questionnaires (11 questions) and for self-identification using the Tenness Self Consept Scale (TSCS). The results of Management Of Care obtained by An.C felt confident from before, began to dare to make a decision, have a future plan and have an idea of what they will do in the future and an An.C identity increase that is 83 to 99 meaning that it has increased by 16 points. Whereas from Management Of Service the level of knowledge of adolescents before being given health education the average score of 6 and after being given health education the value increases to 10. In general there is an increase in the average knowledge of adolescents by 4. Pariari t-test test value p = 0,000 ( <0.05), meaning that there is a significant change between knowledge before and after being given health education. Suggestions for parents to be able to stimulate moral and spiritual development and to nurses are expected when home visits in the community can provide stimulation of adolescent development regarding moral and spiritual and other aspects of development.   Keywords: Health Education, Youth Development Bibliography: 45 (2002-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Sarfika, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 May 2019 09:48
Last Modified: 22 May 2019 09:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45204

Actions (login required)

View Item View Item