ASUHAN KEPERAWATAN AN. K DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA SEKOLAH DAN MANAJEMEN KASUS : STIMULASI ASPEK PSIKOKOSIAL DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AL-HIDAYAH KELURAHAN CUPAK TANGAH PADANG

Fernanda, Venturini (2019) ASUHAN KEPERAWATAN AN. K DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA SEKOLAH DAN MANAJEMEN KASUS : STIMULASI ASPEK PSIKOKOSIAL DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AL-HIDAYAH KELURAHAN CUPAK TANGAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img] Text (kia full)
KIA FERNANDA VENTURINI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)

Abstract

Anak usia sekolah merupakan anak dalam rentang umur 6-12 tahun, yang artinya sekolah menjadi pengalaman inti anak. Anak usia 0-14 tahun merupakan prevalensi terbanyak kedua tahun 2018 diperkirakan sekitar 26%. Di Indonesia jumlah anak dalam rentang 6-12 tahun diperkirakan sebanyak 45 juta jiwa. Pada masa ini terjadi perkembangan dari segala aspek diantaranya pada aspek fisik, motorik, kognitif, bahasa, emosi, kepribadian, moral, spiritual, dan psikososial. Apabila anak tidak bisa melewati masa perkembangan tersebut maka terjadi penyimpangan perilaku. Akibat dari penyimpangan tersebut anak menjadi rendah diri. Selain itu perawat jiwa komunitas disini juga sangat berperan terhadap perkembangan anak usia sekolah, karena tidak hanya diberikan pada anak usia sekolah saja namun juga pada kelompok anak usia prasekolah yang merupakan fase sebelum usia sekolah yang berpengaruh pada perkembangan usia sekolah nantinya. Karya ilmiah ini bertujuan untuk memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada klien dengan usia sekolah dan mampu menerapkan manajemen layanan CMHN khususnya pilar IV terkait manajemen kasus pada anak usia prasekolah. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 19 Januari sampai 9 Februari 2019 dan manajemen pelayanan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 6 februari 2019. Hasil asuhan keperawatan yang telah dilakukan adalah klien mengalami peningkatan perkembangan pada aspek fisik, motorik, kognitif, bahasa, emosi, kepribadian, moral, spiritual, dan psikososial. Pada pelaksanaan manajemen pelayanan keperawatan didapatkan hasil terjadinya peningkatan perkembangan psikososial anak setelah dilakukan stimulasi bermain peran sebesar 21%. Disarankan kepada perawat agar melakukan kerjasama lintas dengan pihak sekolah dalam melakukan stimulasi perkembangan pada anak usia sekolah, sehingga anak usia sekolah dapat meningkatkan perkembangannya. Kata Kunci : Bermain Peran,Psikososial, Stimulasi, Usia Sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. FERI FERNANDES M.Kep, Sp. Kep. Jiwa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 May 2019 12:08
Last Modified: 22 May 2019 12:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45169

Actions (login required)

View Item View Item