Fernanda, Venturini (2019) ASUHAN KEPERAWATAN AN. K DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA SEKOLAH DAN MANAJEMEN KASUS : STIMULASI ASPEK PSIKOKOSIAL DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AL-HIDAYAH KELURAHAN CUPAK TANGAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (cover dan abstrak)
COVER.pdf - Published Version Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (35kB) | Preview |
|
Text (kia full)
KIA FERNANDA VENTURINI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
Abstract
Anak usia sekolah merupakan anak dalam rentang umur 6-12 tahun, yang artinya sekolah menjadi pengalaman inti anak. Anak usia 0-14 tahun merupakan prevalensi terbanyak kedua tahun 2018 diperkirakan sekitar 26%. Di Indonesia jumlah anak dalam rentang 6-12 tahun diperkirakan sebanyak 45 juta jiwa. Pada masa ini terjadi perkembangan dari segala aspek diantaranya pada aspek fisik, motorik, kognitif, bahasa, emosi, kepribadian, moral, spiritual, dan psikososial. Apabila anak tidak bisa melewati masa perkembangan tersebut maka terjadi penyimpangan perilaku. Akibat dari penyimpangan tersebut anak menjadi rendah diri. Selain itu perawat jiwa komunitas disini juga sangat berperan terhadap perkembangan anak usia sekolah, karena tidak hanya diberikan pada anak usia sekolah saja namun juga pada kelompok anak usia prasekolah yang merupakan fase sebelum usia sekolah yang berpengaruh pada perkembangan usia sekolah nantinya. Karya ilmiah ini bertujuan untuk memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada klien dengan usia sekolah dan mampu menerapkan manajemen layanan CMHN khususnya pilar IV terkait manajemen kasus pada anak usia prasekolah. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 19 Januari sampai 9 Februari 2019 dan manajemen pelayanan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 6 februari 2019. Hasil asuhan keperawatan yang telah dilakukan adalah klien mengalami peningkatan perkembangan pada aspek fisik, motorik, kognitif, bahasa, emosi, kepribadian, moral, spiritual, dan psikososial. Pada pelaksanaan manajemen pelayanan keperawatan didapatkan hasil terjadinya peningkatan perkembangan psikososial anak setelah dilakukan stimulasi bermain peran sebesar 21%. Disarankan kepada perawat agar melakukan kerjasama lintas dengan pihak sekolah dalam melakukan stimulasi perkembangan pada anak usia sekolah, sehingga anak usia sekolah dapat meningkatkan perkembangannya. Kata Kunci : Bermain Peran,Psikososial, Stimulasi, Usia Sekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ns. FERI FERNANDES M.Kep, Sp. Kep. Jiwa |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 22 May 2019 12:08 |
Last Modified: | 22 May 2019 12:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45169 |
Actions (login required)
View Item |