Penerapan Value Added Service Pada Sektor Usaha Non-Fuel Retailing di PT. Friendship Innovation Indonesia

Muhammad, Fawzan Azhiman (2019) Penerapan Value Added Service Pada Sektor Usaha Non-Fuel Retailing di PT. Friendship Innovation Indonesia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 ( Pendahuluan ))
Bab 1-dikonversi.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 (Penutup))
Bab 5-dikonversi.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-dikonversi.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
TA full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT Pertamina (Persero) melakukan berbagai langkah-langkah strategis untuk mempertahankan pasar nya dalam persaingannya dengan dibukanya peluang bagi perusahaan asing untuk mengoperasikan SPBU di Indonesia. Pertamina Retail ialah induk cabang perusahaan PT Pertamina (Persero) yang dibuat untuk menjadi salah satu pemasok di dalam menambah laba di PT Pertamina (Persero) dalam suatu usaha menjual BBM diluar pengisian bahan bakar dan usaha-usaha lainnya yang berkaitan dengan usaha di dalam sebuah lingkup SPBU contohnya ATM, Cuci Mobil, Nitrogen, Café , Restaurant & Mini Market. Salah satu penerapan dari strategi tersebut adalah dengan diterapkannya kualitas SPBU bernama Pasti Prima. SPBU Pasti Prima merupakan wujud konkret dari pengalaman baru yang berpedoman pada lifestyle, memberikan rasa baru kepada konsumen, mempunyai tampilan yang lebih m enarik, dan akan meningkatkan customer journey konsumen dengan adanya pilihan di SPBU yang tersebar di Indonesia.NFR atau Non-Fuel Retail adalah bisnis diluar pengisian bahan bakar, yang wajib diisi di berbagai SPBU. Berbagai NFR tersebut di antaranya adalah LPG Shop, ATM, tempat cuci mobil , Pertamina Speed, Restaurant, Coffea Shop dan Nitrogen. Langkah tersebut di usung demi meningkatkan langkah defensif melawan kompetitor nya seperti Shell dan Total. Pertamina Retail juga mempunyai tugas untuk 2 memperluas jaringan-jaringan SPBU PT Pertamina, yang terdapat diatas lahan milik PT Pertamina dan yang di kembangkan dengan metode kerja sama dengan pemilik lahan yang lain dengan pola kerja sama yang saling memuaskan. Dengan SPBU Pasti Prima, Pertamina akan mempersembahkan non-fuel retail yang berbeda dan juga beragam, memberikan penghargaan dan hadiah untuk konsumen, dan menggunakan teknologi digital untuk bias berkomunikasi dengan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hafiz Rahman, SE, MSBS
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 21 May 2019 12:27
Last Modified: 21 May 2019 12:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45065

Actions (login required)

View Item View Item