ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. M DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA SEKOLAH DI WILAYAH CUPAK TANGAH KOTA PADANG

FILDZAH, HAZIRAH (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. M DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA SEKOLAH DI WILAYAH CUPAK TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2.BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
3.BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4.Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img] Text (Full Text KIA)
Full KIA IRA fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. M DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA SEKOLAH DI RW III KELURAHAN CUPAK TANGAH KECAMATAN PAUH WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH PADANG ABSTRAK Penyakit Diabetes Mellitus merupakan suatu penyakit kronis yang mempunyai dampak negatif terhadap fisik maupun psikologis penderita. Dampak psikologis penyakit Diabetes Mellitus salah satunya adalah kecemasan. Data menunjukkan bahwa hampir 15 % pasien dengan Diabetes Mellitus memiliki komplikasi sindrom kecemasan. Peran perawat jiwa sangat penting dalam memberikan asuhan keperawatan yang tepat untuk kecemasan pada pasien diabetes mellitus. Selain itu, peran perawat jiwa juga memberikan pelayanan kesehatan jiwa dalam upaya promotif terhadap kelompok sehat seperti pendidikan kesehatan tumbuh kembang khusunya pada anak usia sekolah yang diberikan kepada orang tua anak di RW 03 Kelurahan Cupak Tangah. Tujuannya adalah memberikan asuhan keperawatan jiwa secara menyeluruh terhadap pasien dengan ansietas dan memberikan manajemen kasus berupa pendidikan kesehatan jiwa terhadap kelompok sehat. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 4–16 Februari 2019 dengan metode diskusi dan demonstrasi dan manajemen kasus kesehatan jiwa kelompok sehat dilakukan pada tanggal 9 Februari 2019 dengan metode brainstroming dihadiri 12 peserta. Hasil asuhan keperawatan terdapat penurunan tingkat kecemasan dari kecemasan sedang dengan skor 26 menjadi kecemasan ringan dengan skor 15 diukur menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Pada penerapan manajemen kasus pendidikan kesehatan tumbuh kembang anak usia sekolah didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan sebesar 35 point (pre test: 54,2 dan post test : 89,2). Disarankan kepada perawat CMHN agar dapat mengimplementasikan pengelolaan kasus kesehatan jiwa kelompok sehat dan melakukan kunjungan rumah untuk melakukan pembinaan yang berkelanjutan pada keluarga dengan masalah ansietas. Kata Kunci : Diabetes Mellitus, Ansietas, CMHN Daftar Pustaka : 70 (2006-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns.Windy Freska, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 May 2019 15:31
Last Modified: 20 May 2019 15:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44973

Actions (login required)

View Item View Item