ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN. F DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA PRA SEKOLAH DAN MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: PENYEGARAN KADER KESEHATAN JIWA DI KELURAHAN CUPAK TANGAH WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH PADANG

MARDIATUL, MUHARAMI (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN. F DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA PRA SEKOLAH DAN MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: PENYEGARAN KADER KESEHATAN JIWA DI KELURAHAN CUPAK TANGAH WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAN V PENUTUP)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak usia dini/prasekolah merupakan periode yang paling kritis dan cepat pada perkembangan. dalam melakukan aktivitasnya dan kegiatan-kegiatannya, sehingga akan sulit mengembangkan inisiatif pada kegiatan lainnya. Sekitar 5-10% anak pra sekolah mengalami keterlambatan perkembangan di Indonesia, dan yang mengalami gangguan perkembangan motorik mencapai 27,5%. Karya ilmiah ini bertujuan memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada klien dengan kesiapan peningkatan perkembangan usia prasekolah dan manajemen pemberdayaan masyarakat: penyegaran kader kesehatan jiwa di Kelurahan Cupak Tangah Kota Padang. Metode yang dilakukan yaitu studi kasus pada An.F dan terapi bermain puzzle pada tanggal 03-13 Februari 2019, serta manajemen pemberdayaan masyarakat pendidikan kesehatan tentang kader kesehatan jiwa berserta roleplay pada tanggal 08 Fenruari 2019 yang dihadiri oleh 7 orang kader. Kuesioner yang digunakan yaitu kuesioner pengetahuan kader kesehatan jiwa (24 pertanyaan). Hasil dari Management Of Care didapatkan terjadi peningkatan pengetahuan keluarga dan An.F sudah mampu menyebutkan angka 1-10. An. F sudah mengenal 7 warna yang dilihatkan, An. F sudah bisa menulis gambat lingkaran, persegi, dan segitiga, An.F sudah bisa menyusun puzzle. Hasil dari Management Of Service didapatkan terjadi peningkatan pengetahuan kader dari 72,6 menjadi 94,02. Secara umum terjadi peningkatan pengetahuan rata-rata yaitu sebanyak 21,42 point. Hasil uji piret t-test nilai p value = 0,000 (<0,005) artinya terjadi peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan. Disarankan kepada perawat CMHN dan keluarga untuk melanjutkan pemberian asuhan keperawatan pada anak usia prasekolah dan bekerjasama dengan pihak puskesmas serta dinas kesehatan untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan dan sosialisasi bagi kader kesehatan jiwa Kata kunci : Prasekolah, CMHN, Stimulasi Daftar pustaka : 53 ( 2002-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep, Sp.Kep. J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2019 14:00
Last Modified: 21 May 2019 14:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44970

Actions (login required)

View Item View Item