ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENERAPAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DALAM INTERVENSI PERILAKU KEKERASAN (BULLYING) DI SD NEGERI 16 ANDURING KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2019

FIKA, FITRIANISA (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENERAPAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DALAM INTERVENSI PERILAKU KEKERASAN (BULLYING) DI SD NEGERI 16 ANDURING KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img] Text (FULL PDF)
full word.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perilaku kekerasan (Bullying) merupakan salah satu kenalan yang dapat terjadi pada anak usia sekolah dan permasalahan yang banyak terjadi pada anak usia sekolah. Pada umumnya, orang tua atau pihak sekolah beranggapan bahwa saling mengejek, berkelahi, maupun mengganggu anak lain merupakan hal yang biasa terjadi di lingkungan sekolah dan bukan masalah yang serius. Biasanya bullying dianggap masalah yang serius apabila telah menimbulkan korban yang mengalami cidera fisik pada korban. Tujuan dari intervensi keperawatan ini adalah menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap siswa SD Negri 16 Anduring Padang terkait perilaku kekerasan (bullying) melalui penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT). Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 22 Januari – 16 Februari 2019 dan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner pre-test, post-test. Siswa yang diberikan intervensi ini berasal dari kelas 5 yang berjumlah 21 orang. Hasil penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) ini adalah adanya adanya peningkatan pengetahuan dan sikap siswa terhadap perilaku kekerasan (bullying) yang dibuktikan dengan hasil kuesioner post-test, bahwa dari 21 siswa 51,7% siswa berpengetahuan baik, 19% berpengetahuan cukup, dan 23,8% berpengetahuan kurang. Kemudian 51,7% memiliki sikap positif, 28,5% memiliki sikap yang netral, dan 14,2% yang memiliki sikap yang negatif. Diharapkan pada sekolah untuk meningkatkan pengawasan dan melanjutkan pemberian pendidikan kesehatan mental terkait perilaku kekerasan (bullying) pada siswa oleh guru atau bekerja sama dengan pihak puskesmas serta menyediakan layanan konseling untuk siswa baik untuk pelaku bullying maupun korban bullying. Kata Kunci : Anak Usia Sekolah, Bullying, Cognitive Behavior Therapy Daftar Pustaka : 36 (2004-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: AGUS SRI BANOWO, S.KP, M.PH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 May 2019 15:32
Last Modified: 20 May 2019 15:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44969

Actions (login required)

View Item View Item