Asuhan Keperawatan pada Ny.Z dengan Kesiapan Peningkatan Perkembangan Usia Lanjut & Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Tahun 2019

Vania, Aresti Yendrial (2019) Asuhan Keperawatan pada Ny.Z dengan Kesiapan Peningkatan Perkembangan Usia Lanjut & Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (KIA Full Text)
KIA FULL VANIA ARESTI YENDRIAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS LAPORAN ILMIAH AKHIR SEPTEMBER 2018 Nama : Vania Aresti Yendrial Bp : 1841312028 Asuhan Keperawatan Pada Ny. Z dengan Kesiapan Peningkatan Perkembangan Usia Lanjut dan Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Kota Padang ABSTRAK Lansia adalah manusia dengan kelompok umur yang telah memasuki fase kehidupan pada tahapan akhir. Kegiatan peningkatan perkembangan lansia diselenggarakan dalam bentuk kemitraan antara keluarga dengan tenaga professional guna meningkatkan tumbuh kembang, maka perlu diberikan perkembangan yang baik melalui metode pendekatan keperawatan Community Mental Health Nursing (CMHN). Terdapat beberapa pilar CMHN, salah satunya yaitu pemberdayaan masyarakat. Tujuan dari pemberdayaan masyarakat untuk mencegah dan mengatasi kejadian masalah psikososial dan gangguan jiwa di suatu wilayah. Karya ilmiah ini bertujuan memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada klien dengan kesiapan peningkatan perkembangan usia lanjut serta menerapkan manajemen pelayanan pemberdayaan masyarakat di RW 03 Kelurahan Cupak Tangah Pauh. Pelaksanaan asuhan dilakukan dengan pendekatan proses keperawatan dan metode studi kasus terhadap klien dari tanggal 4 - 16 Februari 2018 dan pelaksanaan manajemen pemberdayaan dilakukan pada tanggal 8 Februari 2019 dengan memberikan sosialisasi kesehatan jiwa pada tokoh masyarakat, kader dan tokoh agama terkait pentingnya kesehatan jiwa. Hasil akhir asuhan keperawatan lansia Ny. Z dan keluarga mampu meningkatkan perkembangan lansia dalam masing masing pertemuan. Sebelum tindakan 68%, yang didapatkan setelah dilakukan manajemen pemberdayaan masyarakat 95%, hasilnya yaitu adanya peningkatan pengetahuan tentang kesehatan jiwa. Disarankan kepada perawat kesehatan jiwa di puskesmas agar dapat mencegah terjadinya gangguan jiwa dengan tahapan yang ketiga yaitu bersama tokoh masyarakat menetapkan wakil dari wilayah yang bertugas menjadi fasilitator dalam penanganan kesehatan jiwa berupa sehat, resiko dan gangguan jiwa. Kata kunci: Kesiapan Perkembangan lansia, Pemberdayaan, Tokoh Masyarakat Daftar Pustaka: 38 (2005-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: VANIA ARESTI YENDRIAL, S.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2019 09:06
Last Modified: 21 May 2019 09:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44876

Actions (login required)

View Item View Item