PENGARUH PERENCANAAN PAJAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)

WAHYUNI, WAHYUNI (2019) PENGARUH PERENCANAAN PAJAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji secara empiris pengaruh perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan dengan corporate governance sebagai variabel moderasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah perencanaan pajak yang diukur dengan ETR ratio, variabel dependen adalah nilai perusahaan yang diukur dengan Price Book Value, dan corporate governance sebagai variabel moderasi diukur dengan menggunakan 4 indikator yaitu kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan komite audit. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Dewanata (2017), perbedaan dengan penelitian sebelumnya terdapat pada pengukuran nilai perusahaan, corporate governance dan sampel yang digunakan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan consumer goods. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara perencanaan pajak dan nilai perusahaan. Terlihat pada nilai signifikansi yang diperoleh dari uji T sebesar 0,023 dan nilai koefisien determinasi sebesar 11,5%. Corporate governance sebagai variabel moderasi memperkuat hubungan positif antara perencanaan pajak dan nilai perusahaan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji T yang menunjukkan nilai signifikansi untuk interaksi masing-masing indikator corporate governance lebih kecil dari 0,05 dan nilai koefisien determinasi setelah menggunakan variabel corporate governance meningkat sebesar 63,8%. Terdapat keterbatasan dalam penelitian ini yaitu pada sampel yang digunakan. Saran untuk penelitian selanjutnya bisa menggunakan perusahaan pada sektor lainnya dan menggunakan periode penelitian yang lebih panjang sehingga perusahaan yang dijadikan sebagai sampel bisa lebih banyak dan bisa melihat apakah temuan penelitian ini konsisten. Kata kunci: perencanaan pajak, corporate governance, nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aries Tanno, SE, M.Si, Ak, CA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 09 May 2019 11:14
Last Modified: 09 May 2019 11:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44301

Actions (login required)

View Item View Item