Analisis Pengaruh Board Diversity terhadap Kinerja Perusahaan dalam Penerapan Good Corporate Governance (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan Non-Perbankan Yang Terdaftar di BEI)

Miftahul, Husna (2019) Analisis Pengaruh Board Diversity terhadap Kinerja Perusahaan dalam Penerapan Good Corporate Governance (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan Non-Perbankan Yang Terdaftar di BEI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan / Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Skripsi Fulltex.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diversitas dewan terhadap kinerja perusahaan yang diproksikan dengan PBV (Price to Book Value) Terdapat 5 diversitas yang digunakan yaitu diversitas gender, kewarganegaraan, usia, latar belakang pendidikan serta masa jabatan. Selain itu, profitabilitas dan leverage digunakan untuk mengontrol variabel variabel penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan keuangan non perbankan yang terdaftar di BEI than 2014-2017. 32 perusahaan yang menjadi sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan STATA versi 14.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara diversitas dewan terhadap kinerja perusahaan. Diversitas gender, kewarganegaraan, usia, latar belakang pendidikan serta masa jabatan dewan direksi pun secara terpisah tidak mempengaruhi kinerja perusahaan. Leverage (DER) berpegaruh signifikan dengan arah negatiF namun Profitabilitas (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kata Kunci : Diversitas Direksi; Gender; Kewarganegaraan; Usia; Latar Belakang Pendidikan; Masa Jabatan; PBV

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Masyhuri Hamidi, SE, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 02 May 2019 12:14
Last Modified: 02 May 2019 12:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44192

Actions (login required)

View Item View Item