ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA BIDAN DALAM DUKUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2018

Lira, Dian Nofita (2019) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA BIDAN DALAM DUKUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
tesis full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu penyebab masih rendahnya penggunaan ASI di Indonesia adalah kurangnya pengetahuan ibu hamil, keluarga dan masyarakat akan pentingnya pemberian ASI eksklusif maka bidan sebagai ujung tombak dari pembangunan kesehatan yang berhubungan lansung dengan pelayanan kesehatan masyarakat dapat menjadi faktor pendukung atau pendorong namun juga dapat menjadi faktor penghambat kinerja bidan terhadap program keberhasilan ASI ekslusif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor - faktor yang berhubungan dengan kinerja bidan dalam dukungan pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja puskesmas kota Padang tahun 2018. Desain penelitian crosssectional study. Populasi seluruh bidan yang terdaftar di wilayah kerja Puskesmas kota Padang dengan jumlah 280 orang dan sampel 64 orang, dengan cara Proportional random sampling. Data diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data di analisa bivariat dan multivariat dengan uji Chi Square dan binary logistic. Hasil penelitian diperoleh secara statistik yang memiliki hubungan bermakna dimana nilai p value < 0,05 yaitu pengetahuan (p=0,031), pelatihan (p=0,046), beban kerja (p=0,001) dan sikap (p=0,012), sedangkan yang tidak memiliki hubungan yang bermakna dimana nilai p value > 0,05 meliputi sarana prasarana (p=0,561), persepsi (p=0,192) dan motivasi (p=0,353).Sedangkan faktor yang berpengaruh dengan kinerja bidan adalah beban kerja dengan nilai OR 2,351. Kesimpuan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh kinerja bidan terhadap beban kerja. Disarankan kepada bidan lebih meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bidan sebagai penunjang kinerja dan melakukan evaluasi terhadap program pelayanan KIA selanjutnya. Kata kunci : Kinerja bidan, Pengetahuan, Pelatihan, Sarana, Beban Kerja, Persepsi, Sikap dan Motivasi. Daftar pustaka :38 (2000-2017)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Apriwardi, SH. Spko, Ma
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 05 Apr 2019 15:52
Last Modified: 05 Apr 2019 15:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43682

Actions (login required)

View Item View Item