Perbedaan Pengaruh Media Leaflet dan Buku Saku sebagai Alat Bantu Pendidikan Terhadap Perubahan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Siswa Kelas 3 di SDN 17 dan SDN 20 Kota Padang

Femy, Witrihezly Azalea (2016) Perbedaan Pengaruh Media Leaflet dan Buku Saku sebagai Alat Bantu Pendidikan Terhadap Perubahan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Siswa Kelas 3 di SDN 17 dan SDN 20 Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Karya Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Karies gigi merupakan masalah yang juga sering timbul pada anak-anak. Salah satu faktor penyebabnya adalah faktor perilaku anak yang berhubungan dengan pengetahuan anak tentang kesehatan gigi. Untuk itu perlu dilakukan pemberian pendidikan kesehatan gigi pada anak-anak, sehingga terjadi peningkatan pengetahuan yang akan menimbulkan perubahan perilaku anak kearah yang positif. Anak-anak memiliki karakteristik tertentu sesuai dengan perkembangan fisik dan kognitifnya, yang merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam menentukan media yang digunakan dalam membantu proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan pengaruh media leaflet dan buku saku sebagai alat bantu pendidikan kesehatan gigi pada anak kelas 3 SD. Metode penelitian adalah non equivalent control group design. Sampel diambil dengan menggunakan teknik quota sampling, sebanyak 40 orang, 20 orang dari SDN 17 dan 20 orang dari SDN 20. Pada kedua kelompok diberikan pre test, kemudian siswa kelas 3 di SDN 17 diberi pendidikan kesehatan gigi dengan alat bantu media leaflet dan SDN 20 dengan alat bantu buku saku. Post test dilakukan pada hari ke 7 setelah pemberian pendidikan. Analisis data yang digunakan adalah uji T dependen dan uji T independen (p<0,05). Hasil uji statistik menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan yang signifikan (p<0,05) dari nilai sebelum dan setelah diberikan pendidikan menggunakan alat bantu media leaflet dan buku saku dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (p<0,05) dan terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh antara kedua jenis media terhadap peningkatan pengetahuan dengan nilai signifikan sebesar 0.003(p>0,05). Media leaflet menunjukkan peningkatan pengetahuan yang lebih besar jika dibandingkan dengan penggunaan media buku saku. Disimpulkan bahwa media leaflet sebagai alat bantu dalam memberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut merupakan media yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan yang baik. Kata Kunci : leaflet, buku saku, peningkatan pengetahuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 31 Mar 2016 08:24
Last Modified: 31 Mar 2016 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4249

Actions (login required)

View Item View Item