HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SUCCESSFULL AGING DI POSYANDU LANSIA WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2018

Sri, Aria Indah Putri (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SUCCESSFULL AGING DI POSYANDU LANSIA WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak-1.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 Pendahuluan-1 ayu.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
Bab 7 Penutup-1 ayu.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-2.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img] Text (full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS JANUARI 2018 Nama : Sri Aria Indah Putri No. BP : 1711316037 Hubungan Dukungan Sosial dengan Successfull Aging di Posyandu Lansia Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang tahun 2018 ABSTRAK Perubahan kesehatan yang di alami oleh lansia dari berbagai aspek baik fisik maupun psikologis akan dapat berpengaruh terhadap lansia dalam menghadapi kehidupannya. untuk mencapai keberhasilan atau kesuksesan di masa tua atau yang dikenal juga dengan istilah sucsesfull aging dan salah satu faktor yang paling utama dalam pencapaian sucsesfull aging ini adalah dukungan sosia.l Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan successfull aging di posyandu lansia wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang tahun 2018. Jenis penelitian ini analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Penelitian dilakukan pada 254 orang lansia yang diambil secara purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner di adopsi dari The Multidimensional Scale of Perceived Sosial Support (MSPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan lebih dari separoh (53,5%) lansia mengalami Successful Aging kurang baik, Kurang dari separoh (46,9%) lansia memiliki dukungan sosial kurang baik. Hasil uji statistik chi square menunjukkan Ada hubungan hubungan dukungan sosial dengan Successful Aging pada lansia di posyandu lansia wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang tahun 2018 (pvalue=0,000). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada pihak Puskesmas Lubuk Buaya Padang lebih meningkatkan lagi kegiatan-kegiatan lansia di posyandu seperti senam lansia dan kegiatan keterampilan lansia dan diharapkan pada lansia untuk dapat mengikuti kegiatan spritual keagamaan. Kata Kunci : Dukungan Sosial, Successfull Aging, Lansia Daftar Pustaka : 32 (2006 – 2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp. MA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jan 2019 12:17
Last Modified: 24 Jan 2019 12:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42446

Actions (login required)

View Item View Item