HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUNJUNGAN LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA DI KELURAHAN NGALAU WILAYAH KERJA PUSKESMAS GUNUNG PADANG PANJANG

cici, Heldina (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUNJUNGAN LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA DI KELURAHAN NGALAU WILAYAH KERJA PUSKESMAS GUNUNG PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan saran)
Bab 7 Penutup cici.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustakacici.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Full text)
Skripsi Full Text cxici.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluancici.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS JANUARI 2018 Nama : Cici Heldina No. BP : 1711316016 Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kunjungan Lansia Dalam Mengikuti Posyandu Lansia di Kelurahan Ngalau Wilayah Kerja Puskesmas Gunung Padang Panjang ahun 2018 ABSTRAK Rendahnya kunjungan posyandu lansia dikarenakan lansia tidak ada yang mengantar atau menjemput, lansia lupadengan jadwal posyandu dan tidak ada yang mengingatkannya. Data yang di dapat dari Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang jumlah kunjungan lansia ke posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Gunung tahun 2016 sebanyak 499 orang, Sedangkan pada tahun 2017 kunjungannya berkurang menjadi 207 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kunjungan lansia dalam mengikuti posyandu lansia di Kelurahan Ngalau Wilayah Kerja Puskesmas Gunung Padang Panjang tahun 2018. Jenis penelitian ini analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Penelitian dilakukan pada 155 orang lansia yang diambil secara simple random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan lebih dari separoh 50,3% lansia kurang melakukan kunjungan posyandu. Kurang dari separoh (45,2%) keluarga kurang mendukung lansia dalam kunjungan posyandu. Kurang dari seaproh 44,5% keluarga kurang dalam dukungan emosional pada lansia dalam kunjungan posyandu. Kurang dari separoh (45,8%) keluarga kurang memberikan dukungan penghargaan dalam kunjungan posyandu. Lebih dari separoh (53,5%) keluarga kurang memberikan dukungan instrumental dalam kunjungan posyandu Lebih dari separoh 51,6% keluarga kurang memberikan dukungan informasi dalam kunjungan posyandu. Hasil uji statistik chi square menunjukkan ada hubungan dukungan emosional, penghargaan, instrumental, informasi dengan kunjungan posyandu lansia. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan keluarga dapat memberikan motivasi pada lansia untuk datang melakukan kegiatan posyandu lansia dan keluarga memberikan ketersediaannya mengantarkan lansia ke posyandu. Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Kunjungan Posyandu, Lansia Daftar Pustaka : 43 (2008 – 2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo, S.Kp.,MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jan 2019 13:06
Last Modified: 24 Jan 2019 13:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42440

Actions (login required)

View Item View Item