FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN GANGGUANJIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG

Yosi, Novita (2019) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN GANGGUANJIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK-converted.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN-converted.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII PENUTUP-converted.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI LENGKAP-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS KEPERAWATAN JANUARI 2019 Nama : Yosi Novita No BP : 1711316007 Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Keluarga Dalam Merawat PasienGangguan Jiwa Di Wilayah Kerja Puskesmas TanjungGadang ABSTRAK Gangguan jiwa masih menjadi masalah serius pada kesehatan mental. Meningkatnya penderita gangguan jiwa di wilayah Tanjung Gadang perlu mendapatkan perhatian lebih untuk mengurangi dampak dari masalah gangguan jiwa, terutama peran serta dari keluarga dalam merawat anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa. Rendahnya peran serta keluarga dalam merawat pasien yang mengalami gangguan jiwa dipicu oleh rendahnya motivasi. Motivasirendahmenyebabkan pemberian asuhan keperawatan pada keluarga tidak terlaksana dengan baik.Motivasi ini berhubungan dengan umur, pendidikan, pengalaman, spritual, dukungan keluarga dan sosial ekonomi. Tujuan penelitianuntuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan motivasi keluarga dalam merawat pasien gangguan jiwa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan desaincrosssectionalstudy, dilaksanakan dari Oktober sampai Januari 2019.Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 keluarga (caregiver) dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive samplingdengan analisa data menggunakan uji chi square. Hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan antara motivasi dengan pengalaman (p=0,025), spritual (p=0,000), dukungan keluarga (p=0,008), dan sosial ekonomi (p=0,012). Tidak terdapat hubungan antara motivasi dengan umur (p=0,197), dan tingkat pendidikan (p=0,911) dalam merawat pasien gangguan jiwa. Diharapkan kepada perawat komunitas untuklebih meningkatkan sarana informasi guna menambah wawasan keluarga perihal penanganan pasien gangguan jiwa yang dapat meningkatkan motivasikeluarga dalam merawat anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa. Kata Kunci : faktor motivasi, perawatan keluarga, gangguan jiwa Daftar Pustaka : 102 (2001-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes M.kep sp Kep.J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jan 2019 12:59
Last Modified: 24 Jan 2019 12:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42435

Actions (login required)

View Item View Item