HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN DEPRESI PADALANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMASLUBUK BUAYA KOTA PADANG TAHUN 2018

Mesi, Mutiara Sari (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN DEPRESI PADALANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMASLUBUK BUAYA KOTA PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 pendahuluan)
08 BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir penutupan)
14 BAB VII.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full teks)
SKRIPSI FULL TEK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Januari, 2019 Nama : MESI MUTIARA SARI No. Bp : 1711316063 Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kejadian Depresi Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang Tahun 2018 ABSTRAK Dampak dari meningkatnya jumlah penduduk lansia di Indonesia adalah semakin meningkat pula masalah kesehatanpadalansia. Dimana lansia banyak terjadinya perubahan secara fisik maupun psikologis yang dapat mengakibatkan kemunduran dalam berbagai fungsi dan kemampuan yang pernah dimilikinya. Kemunduran psikologis yang dirasakan lansia dapat mengakibatkan salah satunya masalah kesehatan jiwa, yaitu lansia tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi, salah satunya adalah depresi. Depresi pada lansia dapat diatasi dengan berbagai hal, salah satunyadengan adanya dukungan keluarga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan dukungan keluarga dengan depresi pada lansia. Penelitian menggunakan deskriptif korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Sampel berjumlah 106 responden dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terpimpin. Data diolah dan dianalisa dengan tabel distribusi frekuensi kemudian diuji dengan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kejadian depresi pada lansia (p=0,03). Saran untuk petugas kesehatan khususnya perawat agar lebih memperhatikan masalah kesehatan jiwa pada lansia dan memberikan informasi kepada keluarga untuk memberikan komunikasi terapeutik yang adekuat, informasi yang diberikan merupakan referensi terpercaya dalam memperhatikan kondisi lansia yang sakit agar merasa diperhatikan, dihargai, dan mencegah terjadinya depresi pada lansia. Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Depresi, Lansia Daftar Pustaka : 32 (1999-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Randy Refnandes, S.Kep, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jan 2019 10:31
Last Modified: 24 Jan 2019 10:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42394

Actions (login required)

View Item View Item