PENGALAMAN IBU MEMBERIKAN AIR SUSU IBU (ASI) PADA BAYI DALAM PERAWATAN DI NEONATAL INTENSIVE CARE UNIT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018

Silvia, Audia Putri (2019) PENGALAMAN IBU MEMBERIKAN AIR SUSU IBU (ASI) PADA BAYI DALAM PERAWATAN DI NEONATAL INTENSIVE CARE UNIT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
coveran abstrak oke.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I upload.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vi)
BAB VI upload.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA upload.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text (full text)
skripsi utuh-watermark (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS JANUARI 2019 Nama : Silvia Audia Putri BP : 1711316051 Pengalaman Ibu Memberikan Air Susu Ibu (ASI) Pada Bayi Dalam Perawatan Di Neonatal Intensive Care Unit RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018 ABSTRAK Air susu ibu (ASI) merupakan pilihan nutrisi yang harus didahulukan untuk diberikan. Bayi yang terlahir dengan adanya komplikasi mendapatkan perawatan diruangan Neonatal Intensive Care Unit (NICU), artinya rawat pisah antar ibu dan bayi. Rawat pisah seringkali menjadi masalah utama bagi ibu dalam merawat bayinya seperti ibu akan merasa kehilangan kebahagiaan dalam melihat dan menggendong bayinya setelah bayi dilahirkan serta kehilangan kebahagiaan menyusui secara langsung terhadap sang bayi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengalaman ibu memberikan air susu ibu (ASI) pada bayi dalam perawatan di Neonatal Intensive Care Unit RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018.Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Empat orang partisipan dipilih menggunakan teknik purposive samplingdan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil wawancara ditranskrip secara verbatim dan dianalisis dengan metode Collaizi. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018. Hasil penelitian ini didapatkan 5 tema yaitu: 1) Pengaruh stress/psikologis terhadap produksi ASI, 2) Upaya Peningkatan Produksi ASI, 3) Penggunaan Teknik ASI Perah, 4) Strategi Koping Ibu Dalam Memberikan ASI di NICU, 5) Dampak Perawatan Bayi di NICU. Disarankan kepada tenaga kesehatan meningkatkan pendidikan kesehatan tentang penggunaan teknik ASI Perah kepada Ibu yang memiliki bayi dalam perawatan di NICU. Kata Kunci : Pengalaman Menyusui, Bayi NICU, ASI Perah Daftar Pustaka : 34 (2010-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Yanti Puspita Sari, S.Kep., M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jan 2019 09:53
Last Modified: 24 Jan 2019 09:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42269

Actions (login required)

View Item View Item