Komunikasi Interpersonal Anggota Komunitas Cancer Information and Support Center Padang Dalam Memotivasi Pasien Penderita Kanker

Nidya, Ayuni Putri (2018) Komunikasi Interpersonal Anggota Komunitas Cancer Information and Support Center Padang Dalam Memotivasi Pasien Penderita Kanker. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (PENUTUP))
BAB V (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANGGOTA KOMUNITAS CANCER INFORMATION AND SUPPORT CENTER PADANG DALAM MEMOTIVASI PASIEN PENDERITA KANKER Oleh: Nidya Ayuni Putri (1210863004) Dosen Pembimbing: Dr. Ernita Arif, M.Si Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si Komunitas Cancer Information and Support Center Padang adalah sebuah komunitas non-profit yang memiliki tujuan utama untuk memberikan dukungan kepada pasien penderita kanker dan keluarga pasien. Diagnosis penyakit kanker dapat menyebabkan tekanan psikologis pada pasien penderitanya. Tekanan psikologis pada pasien penderita kanker dapat mengganggu proses pengobatan, karena dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh pasien serta mengurangi kepatuhan pasien dalam menjalani pengobatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana proses komunikasi antara Komunitas CISC Padang dan pasien penderita kanker dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi sembuh pada pasien. Subjek penelitian ini adalah Komunitas CISC Padang dan pasien penderita kanker. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teori penetrasi sosial untuk melihat bagaimana perkembangan hubungan yang terbentuk dari proses komunikasi yang terjadi antara Komunitas CISC Padang dan pasien penderita kanker. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dukungan sosial yang diberikan oleh Komunitas CISC Padang kepada pasien penderita kanker dilakukan melalui komunikasi interpersonal. Pesan yang disampaikan oleh Komunitas CISC Padang kepada pasien adalah berbentuk dukungan sosial. dukungan sosial terdiri dari tiga bentuk, yaitu dukungan informasi, dukungan emosional, dan bantuan instrumental. Hasil akhir dalam proses komunikasi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi sembuh serta penerimaan diri pada pasien akan kondisi mereka. Motivasi sembuh terdiri dari tiga aspek, yaitu memiliki sikap positif, memiliki orientasi pada pencapaian tujuan dan adanya kekuatan yang mendorong individu. Kata kunci: Komunikasi interpersonal, Kanker, Dukungan sosial, Teori penetrasi sosial, motivasi sembuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:09
Last Modified: 23 Jan 2019 10:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41977

Actions (login required)

View Item View Item