ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA Ny. N DENGAN KASUS INKONTINENSIA URIN SERTA PENERAPAN BLADDER TRAINING PADA LANSIA DI RW VI KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018

Indah, Puspa Riang Telaumbanua (2018) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA Ny. N DENGAN KASUS INKONTINENSIA URIN SERTA PENERAPAN BLADDER TRAINING PADA LANSIA DI RW VI KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (KTI Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di era ini sebagian besar negara di dunia mengalami transisi demografi yang ditandai dengan meningkatnya tingkat kelahiran maupun tingkat kematian. Hal ini mengakibatkan pada peningkatan jumlah lansia dari tahun ke tahun. Inkotinensia urin jika sudah berkepanjangan, maka akan mempengaruhi kehidupan seseorang, mengakibatkan masalah kehidupan baik dari segi medis, ekonomi, sosial, maupun psikologis. Pada lansia kelolaan didapatkan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam perawatan lansia dengan inkontinensia urin sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang komprehensif. Masalah keperawatan yang ditemukan pada lansia kelolaan yaitu inkontinensia urin pada Ny. N di RW VI Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara. Bladder Training merupakan salah satu cara non farmakologi untuk menurunkan inkontinensia urin. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap lansia dengan inkontinensia serta mampu menerapkan manajemen kasus pada lansia di komunitas. Karya ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan keluarga tentang perawatan insomnia serta bertambahnya kualitas tidur lansia dibuktikan dengan penurunan hasil ICIQ-SF dari 11 ke 9. Diharapkan kepada petugas kesehatan untuk mengoptimalkan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia. Kata kunci : Lansia, Inkontinensia Urin, Bladder Training Daftar Pustaka : 36 (2000-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: GUSTI SUMARSIH, S. Kp, M. Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Jan 2019 09:49
Last Modified: 22 Jan 2019 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41732

Actions (login required)

View Item View Item