ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA Ny.N DENGAN KASUS GANGGUAN POLA TIDUR SERTA PENERAPAN PEMBERIAN TERAPI MADUPADA LANSIA DI RT 01 RW VI KELURAHANLOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA

indrie, chairnisya azano (2018) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA Ny.N DENGAN KASUS GANGGUAN POLA TIDUR SERTA PENERAPAN PEMBERIAN TERAPI MADUPADA LANSIA DI RT 01 RW VI KELURAHANLOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
INDRIE CHAIRINISYA AZANO 1741313075 cover abstrsk.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
INDRIE CHAIRINISYA AZANO 1741313075 BAB 1.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
INDRIE CHAIRINISYA AZANO 1741313075 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
indrie chairinisya azano 1741313075 dapus.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
INDRIE CHAIRINISYA AZANO 1741313075.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Lanjut usia merupakan penduduk yang mengalami proses penuaan terus menerus, yang ditandai dengan menurunnya daya tahan fisik. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan dari segi fisik, psikososial dan spiritual. Salah satu perubahan fisik lansia adalah perubah pada pola tidur. Salah satu perubahan fisik lansia adalah perubahan pola tidur. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu stres, kecemasan dan depresi, obat - obatan, kafein, nikotin dan alkohol, serta kondisi medis. Jika insomnia terjadi dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan gangguan kesehatan baik mental maupun fisik. Pada lansia kelolaan didapatkan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam perawatan lansia dengan insomnia sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang komprehensif. Masalah keperawatan yang ditemukan pada lansia kelolaan yaitu gangguan pola tidur pada Ny. N di RW VI Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara. Terapi Madu benson merupakan salah satu cara untuk mengatasi gangguan tidur. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap lansia dengan insomnia serta mampu menerapkan manajemen kasus pada lansia di komunitas. Karya ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan keluarga tentang perawatan insomnia serta bertambahnya kualitas tidur lansia dibuktikan dengan peningkatan hasil PSQI dari 13 ke 8. Diharapkan kepada petugas kesehatan untuk mengoptimalkan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia.Kata kunci : Lansia, Gangguan Pola tidur, Terapi Madu Daftar Pustaka : 51 (2001 – 2018)

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: GUSTI SUMARSIH,S.Kp.M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:15
Last Modified: 23 Jan 2019 10:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41689

Actions (login required)

View Item View Item