ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN CA MAMAE POST MASTECTOMY RADIKAL DAN APLIKASI RELAKSASI OTOT PROGRESIF-TERAPI MUSIK UNTUK KECEMASAN DI RUANG BEDAH WANITA IRNA BEDAH RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Qori, Husnul Mulqiah (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN CA MAMAE POST MASTECTOMY RADIKAL DAN APLIKASI RELAKSASI OTOT PROGRESIF-TERAPI MUSIK UNTUK KECEMASAN DI RUANG BEDAH WANITA IRNA BEDAH RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER +ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (KARYA ILMIAH AKHIR FULL TEXT)
KIA.QORI HUSNUL MULQIAH.1741313082.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kanker payudara merupakan kondisi sel yang telah kehilangan pengendalian dan terjadi abnormal. Penatalaksanaan kanker payudara yang sering digunakan adalah mastektomi. Dampak psikologis yang dirasakan yaitu berupa ketidakberdayaan, kecemasan, rasa malu, harga diri menurun, stress dan amarah. Salah satu intervensi keperawatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecemasan dan depresi pada pasien kanker payudara setelah operasi mastektomi yaitu melakukan teknik relaksasi yang dapat menimbulkan respon rilek. Tujuan laporan ini adalah memaparkan asuhan keperawatan pasien kanker payudara dan aplikasi teknik relaksasi otot progresif dan terapi musik pada pasien post operasi mastektomi untuk kecemasan dan depresi sesuai dengan EBN. Diagnosa yang di temukan ansietas, nyeri akut, resiko pendarahan dan resiko infeksi dan gangguan citra tubuh, dari masalah tersebut 3 teratasi dan 2 teratasi sebagian yaitu resiko infeksi dan nyeri akut dengan hari rawatan 7 hari dan 4 hari intervensi. Sebelum intervensi EBN didapatkan nilai kecemasan 80 yaitu cemas berat. Setelah dilakukan intervensi di dapatkan hasil tingkat kecemasan menggunakan kuesioner State Inventory Anxiety yaitu nilai 58 cemas sedang, dapat disimpulkan bahwa teknik relaksasi otot progresif dan terapi musik dapat menurunkan kecemasan pada pasien post operasi mastektomi. Sehingga disarankan kepada perawat agar dapat menjadikan aplikasi ini sebagai alternatif untuk menurunkan kecemasan khususnya pada pasien kanker payudara. Kata kunci :Mastectomy, kecemasan, depresi, otot progresif, musik Daftar pustaka :52 (2000-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns.Rika Fatmadona, M.Kep, Sp.Kep.MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2019 12:45
Last Modified: 21 Jan 2019 12:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41686

Actions (login required)

View Item View Item