ASUHAN KEPERAWATAN PADA LANSIA NY R DENGAN INKONTINENSIA URIN MELALUI PENERAPAN KEGEL EXERCISE DI RW VI KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018

SESMELIATI, MARTA (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA LANSIA NY R DENGAN INKONTINENSIA URIN MELALUI PENERAPAN KEGEL EXERCISE DI RW VI KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
7 BAB I.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
11 BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI)
combinepdf(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Inkontinensia urin merupakan salah satu masalah yang sering ditemui pada lansia, yaitu pengeluaran urin tanpa disadari dalam jumlah dan frekuensi yang cukup. Masalah ini perlu perhatian khusus karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan atau sosial yang dapat menurunkan kualitas hidup lansia. Pada kasus kelolaan didapatkan masalah belum optimalnya perawatan lansia dengan masalah inkontinensia urin, sehingga perlu penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat. Salah satu cara untuk mengatasi inkontinensia urin adalah dengan latihan otot dasar panggul (pelvic muscle exercise) atau sering disebut latihan kegel. Merupakan terapi non-farmakologi yang dapat meningkatkan kekuatan otot panggul. Tujuan laporan ini adalah untuk memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien dengan inkontinensia urin melalui penerapan kegel exercise. Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus dan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir setelah diberikan asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan pasien tentang perawatan inkontinensia urin serta adanya perubahan menjadi lebih baik dengan penerapan kegel exercise dan hasilnya dilihat dari peningkatan skor ICIQ-SF dari 11 ke 10. Saran dari laporan ini, yaitu agar petugas kesehatan dapat mengoptimalkan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia yang berada di wilayah kerjanya. Kata Kunci : Lansia, Inkontinensia rin, Kegel xercise Daftar Pustaka :

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jan 2019 15:14
Last Modified: 18 Jan 2019 15:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41375

Actions (login required)

View Item View Item