ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ST ELEVATION MYOCARDIAL INFARCTION DAN ACUTE HEART FAILURE DENGAN PENERAPAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA UNTUK MENGURANGI KECEMASAN DI RUANGAN CARDIOVASCULAR CARE UNIT RSUP. DR. MDJAMIL PADANG

Nola, Makhfira Winda (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ST ELEVATION MYOCARDIAL INFARCTION DAN ACUTE HEART FAILURE DENGAN PENERAPAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA UNTUK MENGURANGI KECEMASAN DI RUANGAN CARDIOVASCULAR CARE UNIT RSUP. DR. MDJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA fix.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
tugas akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sindrom koroner akut merupakan penyakit kardiovaskular yang paling banyak menyebabkan kematian disetiap tahunnya. STEMI adalah rusaknya bagian otot jantung secara permanen akibat insufisensi aliran darah koroner oleh proses degeneratif maupun dipengaruhi oleh faktor. Tanda dan gejala yang bisanya ditemukan pada penderita STEMI adalah nyeri dada, dispnea, peningkatan enzim jantung dan ST elevasi pada pemeriksaan EKG. Penulisan karya ilmiah akhir ini merupakan salah satu alasan untuk membahas asuhan keperawatan pada pasien STEMI dengan penerapan dukungan sosial keluarga yang bermanfaat untuk mengurangi kecemasan di ruangan cardiovaskular care unit. Prosedur pelaksanaan yang dilakukan mengikuti proses keperawatan. Diagnosa yang ditegakkan sesuai dengan hasil pengkajian ialah gangguan pertukaran gas, penurunan curah jantung, ,nyeri akut dan kecemasan. Adapun implementasi yang dilakukan yaitu manajemen asam basa, terapi oksigen, perawatan jantung akut, pencegahan syok, reduksi perdarahan, manajemen nyeri, administrasi analgesik dan penurunan kecemasan. Penerapan dukungan sosial keluarga dilakukan untuk mengatasi masalah cemas yang ditemukan pada pasien. Evaluasi yang diperoleh dari penerapan dukungan sosial keluarga ialah masalah teratasi sebagian pada diagnosa kecemasan. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat pengurangan stres dan kecemasan dan meningkatkan dukungan sosial keluarga kepada pasien . Saran yang diberikan kepada perawat agar dapat menerapkan dukungan sosial keluarga untuk mengurangi kecemasan di ruangan cardiovaskular care unit RSUP Dr. Mdjamil Padang. Kata kunci : STEMI, AHF, asuhan keperawatan, dukungan sosial keluarga, kecemasan Daftar Pustaka : 83 (2002-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elvi Oktarina, M.Kep., Ns.Sp.Kep.MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jan 2019 15:06
Last Modified: 18 Jan 2019 15:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41353

Actions (login required)

View Item View Item