Asuhan Keperawatan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 dan Aplikasi Relaksasi Otot Progresif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah di Ruang Interne Pria RSUP Dr. M. Djamil Padang

Razka, Utiya (2018) Asuhan Keperawatan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 dan Aplikasi Relaksasi Otot Progresif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah di Ruang Interne Pria RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img] Text (FULL)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pemenuhan latihan fisik berupa relaksasi otot progresif adalah salah satu penatalaksanaan keperawatan yang dapat dilakukan pada pasien Diabetes Mellitus yang dirawat di Rumah Sakit. Relaksasi otot progresif yang dilakukan secara rutin berdampak pada peningkatan transpor glukosa ke dalam membran sel serta membuat penggunaan kadar glukosa menjadi lebih efektif sehingga kadarnya dapat mendekati normal atau stabil. Tujuan dari laporan ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan pasien dengan Diabetes Mellitus Tipe 2 serta penerapan EBN berupa relaksasi otot progresif yang dilakukan dua kali sehari dalam tiga hari dengan durasi 25-30 menit. Metode penulisan laporan ini adalah studi kasus asuhan keperawatan dan penerapan EBN. Asuhan keperawatan pada pasien dimulai dari pengkajian sampai evaluasi keperawatan. Masalah keperawatan yang ditemukan dari hasil pengkajian yaitu ketidakstabilan kadar gula darah, nyeri akut, kerusakan integritas jaringan, dan resiko infeksi. Relaksasi otot progresif terbukti efektif dalam menurunkan kadar gula darah. Pada saat pretest didapatkan kadar gula darah pasien 231 mg/dl dan posttest 171 mg/dl. Disarankan agar perawat dapat melakukan relaksasi otot progresif sebagai intervensi mandiri dalam pelaksanaan asuhan keperawatan pada pasien dengan Diabetes Mellitus Tipe 2. Kata Kunci : Diabetes Mellitus, Gula Darah, Aktivitas Fisik, Relaksasi Otot Progresif Referensi : 60 (2002 – 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ESI AFRIYANTI, S.Kp, M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2019 10:30
Last Modified: 21 Jan 2019 10:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41319

Actions (login required)

View Item View Item