Pengaruh Job Insecurity, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional terhadap Intensi Turnover pada Dosen Institut Teknologi Padang (ITP)

Melani, Novia Putri (2018) Pengaruh Job Insecurity, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional terhadap Intensi Turnover pada Dosen Institut Teknologi Padang (ITP). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh job insecurity, kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap intensi turnover pada dosen Institut Teknologi Padang (ITP). Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 79 orang dosen. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 66 orang dosen. Pengujian validitas sampel dilakukan dengan uji loading factor dan average variance extracted (AVE) sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan uji internal consistency berdasarkan nilai composite reliability. Uji validitas dengan loading factor dan nilai AVE menunjukkan nilai yang valid. Pengujian reliabilitas dengan uji internal consistency mempunyai nilai composite reliability yang memenuhi kriteria. Berdasarkan hasil pengujian, semua pernyataan indikator variabel telah memenuhi kriteria validitas dan realibilitas. Hasil uji hipotesis dengan SmartPLS menunjukkan bahwa job insecurity berpengaruh positif dan tidak signifikan, kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan serta komitmen organisasional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap intensi turnover dari dosen ITP. Job insecurity pada dosen ITP rendah yang artinya dosen merasa aman terhadap pekerjaannya dan tidak ada kekhawatiran yang tinggi terhadap kemungkinan kehilangan pekerjaan. Kepuasan kerja sudah baik yang berarti kecil kemungkinan adanya dosen yang berhenti/pindah dari ITP. Komitmen organisasional juga sudah baik sehingga kecil kemungkinan adanya dosen yang berhenti/pindah dari ITP. Kata Kunci: job insecurity, kepuasan kerja, komitmen organisasional, intensi turnover

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. HARIF AMALI RIVAI, SE, M.SI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 28 Dec 2018 10:16
Last Modified: 28 Dec 2018 10:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40736

Actions (login required)

View Item View Item