ANALISIS PEMASARAN ITIK PEDAGING DI KOTA PADANG (Studi Kasus Peternakan Itik Pedaging Bapak Zelmianto dan Ibu Armaliza)

DEFI ARIFATUL, HASNAH (2018) ANALISIS PEMASARAN ITIK PEDAGING DI KOTA PADANG (Studi Kasus Peternakan Itik Pedaging Bapak Zelmianto dan Ibu Armaliza). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
2. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v penutup)
3. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (full skripsi)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS PEMASARAN ITIK PEDAGING DI KOTA PADANG (STUDI KASUS PETERNAKAN ITIK PEDAGING BAPAK ZELMIANTO DAN IBU ARMALIZA) Defi Arifatul Hasnah, dibawah bimbingan Dr. Ir. H. Jafrinur, MSP dan Dr. Fitrimawati, S.Pt, M.Si Program Studi Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran, fungsi, margin, biaya pemasaran, dan farmer’s share itik pedaging. Penelitian ini dilakukan pada usaha petenakan itik pedaging Bapak Zelmianto dan Ibu Armaliza di Kota Padang, mulai dari tanggal 24 Juni – 29 Juli 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus yang didukung oleh observasi, wawancara dan kuisioner. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Responden pada penelitian ini adalah 2 orang peternak itik pedaging, 3 orang pedagang pengumpul, 1 orang pedagang pengecer, 10 orang pemilik warung makan, dan 3 orang konsumen rumah tangga. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pada pemasaran itik pedaging ini terdapat tiga pola saluran pemasaran, terdiri dari: (1) Peternak – Pedagang Pengumpul – Warung Makan (2) Peternak – Pedagang Pengecer – Konsumen Rumah Tangga (3) Peternak – Konsumen Rumah Tangga. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran adalah (1) Peternak: penjualan, standardisasi, berita dan informasi pasar (2) Pedagang Pengumpul: pembelian, penjualan, penetapan harga, pengolahan, grading dan standardisasi, berita dan informasi pasar, pembiayaan dan penanganan risiko (3) Pedagang Pengecer: pembelian, penjualan, penetapan harga, penyimpanan, pengolahan, grading dan standardisasi, berita dan informasi pasar, pembiayaan dan penanganan risiko (4) Warung makan: pembelian, penjualan, penetapan harga, penyimpanan, pengolahan, berita dan informasi pasar (5) Konsumen rumah tangga: pembelian, pengolahan, transportasi dan penanganan, pengolahan. Pada saluran I total margin pemasaran adalah Rp10.000,-/ekor, total biaya dan keuntungan pemasaran adalah sebesar Rp4.016,14/ekor dan Rp5.983,86/ekor, dan Farmer’s share sebesar 77,78 %. Pada saluran II total margin pemasaran adalah Rp15.000,-/ekor, total biaya dan keuntungan pemasaran sebesar Rp8.254,67/ekor dan Rp8.254,67/ekor, dan Farmer’s share sebesar 70 %. Pada saluran III total margin pemasaran dan biaya pemasaran adalah tidak ada, dan Farmer’s share sebesar 100 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa farmer,s share tertinggi terdapat pada saluran III, yang merupakan saluran pemasaran langsung. Kata kunci : Saluran Pemasaran, Fungsi Pemasaran, Margin Pemasaran, Biaya Pemasaran, Keuntungan Pemasaran, Itik Pedaging

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.H. Jafrinur, MSP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Oct 2018 12:53
Last Modified: 26 Oct 2018 12:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40388

Actions (login required)

View Item View Item