PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK PENGEMBANGAN KAWASAN RANTAI NILAI KOMODITAS COKELAT (STUDI KASUS: KABUPATEN PADANG PARIAMAN)

Ihsan, Tri Wanda (2018) PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK PENGEMBANGAN KAWASAN RANTAI NILAI KOMODITAS COKELAT (STUDI KASUS: KABUPATEN PADANG PARIAMAN). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.Cover.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 PENUTUP)
3. BAB VI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Full TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Komoditas cokelat merupakan komoditas utama Kabupaten Padang Pariaman. Akan tetapi, terdapat permasalahan pemasaran pada kurangnya akses pasar kawasan petani dan kawasan Industri Kecil Menengah (IKM). Permasalahan ini berdampak pada nilai tambah rantai nilai cokelat yang lebih banyak dinikmati oleh pihak diluar kawasan petani dan IKM. E-Commerce merupakan strategi pemasaran modern yang memanfaatkan internet. E-Commerce memiliki kemampuan menghubungkan suatu pihak dengan pihak lain secara langsung. Oleh karena itu, E-Commerce mampu meningkatkan akses pasar dengan mengembangkan kawasan petani dan IKM untuk langsung menjangkau konsumen tanpa harus melewati pihak lain di dalam kawasan rantai nilai. Penelitian ini bertujuan mengembangkan kawasan petani dan kawasan IKM menggunakan E-Commerce. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem E-Commerce adalah metode pengembangan waterfall. Proses perancangan menggunakan bahasa pemograman PHP. Hasil penelitian ini berupa rancangan sistem pemasaran cokelat E-Commerce (E-Choco) yang mampu mengembangkan kawasan rantai nilai biji cokelat Kabupaten Padang Pariaman. Pengembangan kawasan ini membuat petani dan IKM memiliki kemampuan untuk menjual produk langsung menuju konsumen. E-Choco mempermudah penjualan biji kakao dengan menyajikan fitur pencarian produk, fitur pengurutan produk, fitur filter produk, informasi aktual kapasitas gudang biji kakao dan kemampuan menyajikan data harga pengiriman dari beragam jasa pengiriman. E-Choco menyajikan informasi dan promosi secara online dengan fitur blogging dan produk yang sedang sale dengan adanya fitur banner slider pada halaman utama. Kesimpulan penelitian ini adalah perancangan E-Commerce memiliki kemampuan untuk mengembangkan kawasan untuk meningkatkan nilai tambah bagi petani dan IKM di dalam rantai nilai cokelat Kabupaten Padang Pariaman. Kata Kunci: komoditas cokelat, e-commerce, nilai tambah, pengembangan kawasan, rantai nilai,

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Wisnel, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 22 Oct 2018 13:12
Last Modified: 22 Oct 2018 13:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39756

Actions (login required)

View Item View Item