STUDI NUMERIK PERBANDINGAN PENGARUH VARIASI DIMENSI BRESING PADA STRUKTUR PORTAL BAJA TERHADAP BRESING EKSENTRIS KEADAAN LINK DOMINAN LENTUR

Syukri, Rahma Yoga (2018) STUDI NUMERIK PERBANDINGAN PENGARUH VARIASI DIMENSI BRESING PADA STRUKTUR PORTAL BAJA TERHADAP BRESING EKSENTRIS KEADAAN LINK DOMINAN LENTUR. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
Bab V penutup.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (TA utuh)
TA Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Beban gempa yang memiliki menyebabkan gaya lateral pada bangunan menyebabkan deformasi pada konstruksi. hal ini tentu berbahaya bagi bangunan yang berada di daerah intesitas frekuensi gempa yang besar. Sehingga dibutuhkannya system struktur yang bisa mengurangi deformasi. Sistem Rangka Bresing Eksentris (SBRE) atau sistem berpangku eksentris merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan struktur. Pengaku yang diberikan dapat membuat struktur menjadi lebih kaku. Pada tugas besar ini, akan dibahas mengenai perilaku portal baja dengan SRBE dengan link dominan lentur dengan dimensi bresing atau pengaku divariasikan. Analisa analisis dilakukan dengan menggunakan software MSC. Nastran/Patran. Metoda yang dilakukan secara numerik untuk menganalisa permodelan yang dibuat. Pada analisa ini digunakan model berupa portal baja IWF 400.200.8.13. Bresing yang digunakan yaitu link panjang dengan panjang 2000 mm. Dimensi bresing akan divariasikan untuk mengetahui pengaruh SRBE terhadap nilai beban ultimate, perpindahan, dan daktilitas. Data yang diperoleh dari hasil software MSC. Nastran/Patran kemudian dianalisa dalam bentuk tabel dan grafik menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisa yang didapatkan menunjukkan pengaruh link panjang terhadap beban ultimate dan nilai daktilitas tidak terlalu signifikan. Kata kunci: Portal Baja, Bresing Eksentris, Link Panjang, MSC Nastran/Patran, beban ultimate dan daktilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: SABRIL HARIS HG, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 19 Oct 2018 15:42
Last Modified: 19 Oct 2018 15:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39638

Actions (login required)

View Item View Item