HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, STRESS, DAN TEKANAN DARAH DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI RSUP DR.M.DJAMIL PADANG, TAHUN 2018

Wulan, Syafri Yani (2018) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, STRESS, DAN TEKANAN DARAH DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI RSUP DR.M.DJAMIL PADANG, TAHUN 2018. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
Bab 1 Wulan.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 6)
Bab Penutup Wulan.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka Wulan.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI WULAN SYAFRI YANI Watermark baruuuuuuu.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Kenaikan kadar glukosa darah dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai dampak serius bagi kesehatan, beberapa komplikasi penyakit lainnya seperti kebutaan, serangan jantung, gagal ginjal, amputasi kaki, penyakit serebrovaskular, serta penyakit vaskuler parifer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, stress, dan tekanan darah dengan kadar glukosa darah puasa pada pasien diabetes melitus di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2018. Metode Desain penelitian ini menggunakan cross sectional study. Penelitian dilakukam di Poliklinik Khusus rawat jalan RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan sampel sebanyak 81 sampel. Pengambilan data primer diambil dengan wawancara dan pengukuran serta data sekunder diperoleh dari rekam medis pasien di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Analisis data bivariat dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan kadar glukosa darah puasa (p=0,021). Terdapat hubungan yang bermakna antara stress dengan kadar glukosa darah puasa (p=0,007). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tekanan darah dengan kadar glukosa darah puasa (p=0,954). Kesimpulan Terdapat hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan dengan kadar glukosa darah puasa. Tidak terdapat hubungan antara stress dengan kadar glukosa darah. Diharapkan kepada pasien yang terindikasi diabetes melitus agar dapat melakukan cek gula darah secara berkala dan meningkatkan pengetahuan terkait penyakit diabetes mellitus. Daftar Pustaka : 39 (1999-2017) Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Stress, Tekanan Darah, Kadar Glukosa Darah Puasa.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. dr. Masrul, M.Sc. SPGK
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 19 Oct 2018 17:00
Last Modified: 19 Oct 2018 17:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39628

Actions (login required)

View Item View Item