perbedaan tanggapan mahasiswa universitas andalas terhadap cerpen jangan main-main dengan kelaminmu karya Djenar maesa ayu tinjauan resepsi sastra

diana, islamiati (2018) perbedaan tanggapan mahasiswa universitas andalas terhadap cerpen jangan main-main dengan kelaminmu karya Djenar maesa ayu tinjauan resepsi sastra. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak dan cover)
waterr gabung abs cov-converted.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
waterrr BAB I.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 4)
water bab 4.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
waterr dapusss.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img] Text (skripsi full teks)
waterrr full teks skripsi diana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Diana Islamiati, 1410722032. Tanggapan Mahasiswa Eksakta dan Soshum Universitas Andalas Terhadap Cerpen “JMMDK” Karya Djenar Maesa Ayu, Tinjauan Resepsi Sastra. Pembimbing 1 Dr. Zurmailis, M. Hum dan pembimbing 2. Ronidin, S.S., M. Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis apakah pembaca yang berlatar belakang ilmu yang berbeda memandang hal yang sama terhadap cerpen “JMMDK” atau sebaliknya. Masalah yang diteliti adalah tanggapan mahasiswa Eksakta dan Soshum Universitas Andalas terhadap cerpen “JMMDK” karya Djenar Maesa Ayu, serta repertoire yang mempengaruhi perbedaan tanggapan mahasiswa Eksakta dan Soshum Universitas Andalas dalam kajian resepsi sastra. Tujuan penelitian ini adalah mendeskrispsikan tanggapan mahasiswa Eksakta dan Soshum Universitas Andalas terhadap cerpen “JMMDK” Karya Djenar Maesa Ayu, serta mendeskrispsikan repertoire yang mempengaruhi perbedaan tanggapan mahasiswa cerpen “JMMDK” Karya Djenar Maesa Ayu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode yang dikemukakan oleh Wolfgang Iser. Pertama, pembaca diberikan teks yang diteliti. Kemudian, pembaca diminta untuk melakukan penafsiran kembali terhadap teks yang menjadi karakter inovatif repertoire melalui wawancara. Penafsiran tersebut menyebabkan pendapat yang berbeda pada masing-masing kelompok pembaca. Kedua, pembaca memecahkan kontradiksi sudut pandang yang berkembang dari teks itu atau dengan mengisi “kesenjangan” antara sudut-sudut pandang dengan bermacam cara, pembaca akan menyerap teks itu ke dalam kesadaran mereka dan membuatnya menjadi pengalaman mereka sendiri. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tanggapan tanggapan mahasiswa Eksakta dan Soshum terhadap cerpen “JMMDK” sangat beragam, ada yang menyatakan bahwa cerpen tersebut menarik dan adapula yang menyatakan tidak menarik untuk dibaca, serta adapula mahasiswa yang menyatakan bahwa cerpen tersebut tidak memiliki pesan moral. Perbedaan tanggapan tersebut dipengaruhi oleh perbedaan repertoire (latar belakang) masing-masing pembaca. Kata Kunci: resepsi sastra, tanggapan, dan repertoire.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zurmailis M.A
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 19 Oct 2018 12:23
Last Modified: 19 Oct 2018 12:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39265

Actions (login required)

View Item View Item