“HUBUNGAN TERPAAN IKLAN MARS PARTAI PERINDO DENGAN SIKAP MASYARAKAT MUSLIM DAN NON MUSLIM DI KOTA PADANG TERHADAP PARTAI PERINDO (STUDI KOMPARATIF PADA MASYARAKAT MUSLIM DAN NON MUSLIM DI KOTA PADANG)

Mustika, Dini Haryani (2018) “HUBUNGAN TERPAAN IKLAN MARS PARTAI PERINDO DENGAN SIKAP MASYARAKAT MUSLIM DAN NON MUSLIM DI KOTA PADANG TERHADAP PARTAI PERINDO (STUDI KOMPARATIF PADA MASYARAKAT MUSLIM DAN NON MUSLIM DI KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
bab I FIX.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V FIX.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FIXFIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Partai Perindo didirikan oleh Hary Tanoesoedibjo, seorang pengusaha dan pemilik MNC Group yang bergerak dalam bidang media. Dari awal kemunculannya, Partai Perindo gencar melakukan pengenalan dengan beriklan. Partai Perindo beriklan di lebih dari satu stasiun televisi yaitu pada stasiun RCTI, Global TV, MNC TV, dan I news TV milik Hary Tanoesoedibjo. Harapannya, agar mendapatkan perhatian dari masyarakat yang menyaksikan iklan mars Perindo tersebut. Namun fakta menunjukkan, banyaknya keluhan dan tanggapan negatif dari masyarakat terhadap iklan mars Partai Perindo yang dinilai terlalu intens tayang di televisi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan terpaan iklan mars Partai Perindo dengan sikap masyarakat di Kota Padang terhadap Partai Perindo, serta melihat perbedaan tanggapan antara masyarakat Muslim dn non Muslim di Kota Padang terhadap Partai Perindo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif korelasional dan komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Muslim dan non Muslim di Kota Padang yang ditetapkan 100 orang sebagai responden yang dipilih dengan teknik cluster. Teori yang digunakan adalah kultivasi. Hubungan terpaan iklan mars Partai perindo dengan sikap masyarakat Muslim dan non Muslim di Kota Padang terhadap Partai Perindo dianalisis menggunakan korelasi spearman rank dan perbedaan tanggapan antara masyarakat Muslim dan non Muslim di Kota Padang dianalisis dengan uji komparatif yang dilakukan secara manual. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terpaan iklan mars Partai Perindo memiliki hubungan yang sangat kuat dengan sikap masyarakat Muslim dan non Muslim di Kota Padang terhadap Partai Perindo. Dimana, tingkat terpaan iklan mars Partai Perindo berada pada kategori tinggi dan terbentuknya sikap positif oleh masyarakat Kota Padang terhadap Partai Perindo. Sikap dibagi atas tiga indikator yaitu: kognisi, afeksi dan konasi. Ketiga indikator sikap berada pada kategori tinggi, yang menunukkan sikap pro (positif). Perbedaan tanggapan antara masyarakaat Muslim dan non Muslim terhadap Partai Perindo, terdapat perbedaan yang siginfikan. Bila dilihat dari hasil tanggapan responden, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar masyarakat Muslim di Kota Padang menunjukkan sikap positif dan sebagian besar masyarakat non Muslim menunjukkan sikap negatif. Kata Kunci : Terpaan Iklan, Sikap, Kultivasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Oct 2018 13:06
Last Modified: 18 Oct 2018 13:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38771

Actions (login required)

View Item View Item