ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA TN.Y DENGAN INSOMNIA MELALUI PENERAPAN TERAPI RENDAM KAKI AIR HANGAT (FOOTBATH) SAMBIL MENDENGARKAN MUSIK KLASIK DI RW IIKELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA

Arselina, Riski Herdika (2018) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA TN.Y DENGAN INSOMNIA MELALUI PENERAPAN TERAPI RENDAM KAKI AIR HANGAT (FOOTBATH) SAMBIL MENDENGARKAN MUSIK KLASIK DI RW IIKELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover upload.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA upload.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (tugas karya ilmiah akhir utuh)
KIA ARSELINA FULL upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia lanjut usia adalah seseorang yang karena usianya mengalami perubahan bilogis, fisik, kejiwaan dan sosial. Perubahan ini akan memberikan pengaruh pada seluruh aspek kehidupan, termasuk kesehatannya. Salah satu masalah kesehatan yang banyak dihadapi kelompok lanjut usia adalah insomnia (susah tidur) Angka kejadian insomnia meningkat seiring bertambahnya usia, bahkan hampir setengah dari jumlah lansia dilaporkan mengalami kesulitan memulai tidur dan mempertahankan tidurnya. Pada pasien kelolaan didapatkan masalah ketidakefektifan manajemen kesehatan keluarga (insomnia) sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Salah satu cara perawatan insomnia adalah dengan terapi rendam kaki air hangat (footbath) sambil mendengarkan musik klasik. Tujuan dari laporan ilmiah ini adalah agar mahasiswa mampu memberikan gambaran asuhan yang komprehensif terhadap lansia dengan masalah insomnia (gangguan pola tidur). Laporan ilmiah asuhan keperawatan ini menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terlihat dengan adanya peningkatan pengetahuan tentang insomnia setelah dilakukan pendidikan kesehatan berupa penyuluhan selama tiga minggu dan terjadi penurunan skor PSQI dari 16 menjadi 10 setelah dilakukan terapi rendam kaki air hangat (footbath) sambil mendengarkan musik klasik selama seminggu (7 hari). Saran dari laporan ini adalah agar perawat puskesmas khususnya pembina wilayah melakukan kunjungan rumah (home care) kepada lansia yang mengalami masalah kesehatan dan melakukan pembinaan yang berkelanjutan terhadap keluarga. Kata kunci : insomnia, lansia, rendam kaki air hangat, dan musik klasik Daftar pustaka : 50 (1989 - 2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: G u s t i S u m a r s i h , S . K p , M . B i o m e d
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 18:02
Last Modified: 18 Oct 2018 18:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38433

Actions (login required)

View Item View Item