ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.A DENGAN INKONTINENSIA URIN MELALUI PENERAPAN KEGEL EXERCISE DI RW II RT IV KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018

Tini, Sumanti ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.A DENGAN INKONTINENSIA URIN MELALUI PENERAPAN KEGEL EXERCISE DI RW II RT IV KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018. Tini Sumanti. (Submitted)

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT TINI)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS September 2018 Nama : Tini Sumanti S. Kep BP : 1741313024 ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.A DENGAN INKONTINENSIA URIN MELALUI PENERAPAN KEGEL EXERCISE DI RW II RT IV KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018 ABSTRAK Salah satu masalah yang sering di temui pada lansia adalah gangguan perkemihan atau disebut inkontinensia urin, inkontinensia urin dapat menyebabkan masalah sosial, hygiene dan juga psikologis pada penderitanya yang pada akhirnya dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Pada pasien kelolaan didapatkan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam perawatan lansia dengan masalah inkontinensia urin , sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Kegel exercise merupakan terapi non farmakologi yang dapat meningkatkan kekuatan otot panggul yang dapat diberikan untuk mengatasi inkontinensia urin.Tujuan dari Laporan ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien dengan inkontinensia urin melalui penerapan kegel exercise Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan keluarga tentang perawatan inkontinensia urin serta adanya perubahan menjadi lebih baik dengan penerapan kegel exercise dengan di buktikan nya peningkatan hasil skor ICIQ-SF dari 11 ke 10. Saran dari laporan ini adalah agar petugas kesehatan mengoptimalkan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia yang berada di wilayah kerjanya. Kata Kunci : Lansia, Inkontinensia urin, kegel exercise Daftar Pustaka :

Item Type: Other
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:26
Last Modified: 18 Oct 2018 17:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38379

Actions (login required)

View Item View Item