HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA LANSIA DI POSDAYA SUMANIK SEHAT NAGARI SUMANIK KEC. SALIMPAUNG KAB. TANAH DATAR SUMATERA BARAT

Tiara, Linalti (2018) HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA LANSIA DI POSDAYA SUMANIK SEHAT NAGARI SUMANIK KEC. SALIMPAUNG KAB. TANAH DATAR SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
kesimpulan tiara.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lansia mengalami kemunduran fungsi fisiologis organ, psikologis dan spritual, yang menyebabkan lansia mengalami suatu proses yang disebut proses penuaan. Kualitas hidup lansia dipengaruhi oleh aging process (proses penuaan). Salah satu prediktor utama dalam menentukan kualitas hidup yaitu hubungan sosial, dimana salah satunya yaitu cara lansia menempatkan diri di dalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui arah dan kekuatan hubungan antara fungsi keluarga dengan kualitas hidup pada lansia di posdaya Sumanik Sehat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional study. Sampel penelitian ini yaitu lansia yang dibawah nauangan posdaya sebanyak 69 orang dengan metode purposive sampling. Uji yang digunakan adalah uji Spearman. Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan yang bermakna antara fungsi keluarga dengan kualitas hidup pada lansia dengan nilai p=0,001 dengan arah hubungan positif dan kekuatan hubungan sedang (0,402) dengan nilai koefisien determinasi (r²) 0.16 yang berarti menunjukkan angka 16% bahwa fungsi keluarga mempunyai kontribusi sebesar 16% untuk merubah kualitas hidup menjadi positif pada lansia. Diharapkan posdaya dapat memberikan penyuluhan melalui Posdaya kepada keluarga agar lebih aktif dalam memberikan motivasi dan perhatian kepada lansia. Kata Kunci : Lansia, Fungsi Keluarga, Kualitas Hidup Daftar Pustaka : 40 (2001-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: FITRA YENI S.Kp MA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 12 Oct 2018 11:27
Last Modified: 12 Oct 2018 11:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38358

Actions (login required)

View Item View Item