ASUHAN KEPERAWATAN Tn. D DENGAN HERNIA INGUINALIS SERTA APLIKASI PENDIDIKAN KESEHATAN PRE OPERASI TERHADAP KECEMASAN DI IRNA BEDAH PRIA RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Dwi, Kurnia Piardani (2018) ASUHAN KEPERAWATAN Tn. D DENGAN HERNIA INGUINALIS SERTA APLIKASI PENDIDIKAN KESEHATAN PRE OPERASI TERHADAP KECEMASAN DI IRNA BEDAH PRIA RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. UNIVERSITAS ANDALAS. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (KTI full)
KTI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hernia inguinalis adalah penonjolan organ dalam perut ke dalam lubang amulus inguinalis. Salah satu penanganganan hernia inguinalis adalah dengan pembedahan herniorafi. Pasien yang memiliki kurang pengetahuan tentang operasi yang akan dilakukannya akan mengalami kecemasan. Kecemasan yang tidak diatasi dapat berdampak buruk pada kondisi tubuh pasien sehingga membuat operasi batal atau gagal. Aplikasi pendidikan kesehatan pre operasi untuk mengurangi kecemasan baik untuk dilakukan. Tujuan penulisan ini adalah untuk menggambarkan asuhan keperawatan pada pasien hernia inguinalis serta aplikasi pemberian pendidikan kesehatan pre operasi untuk mengurangi kecemasan. Prosedur yang dilakukan dimulai dari pengkajian, penegakan diagnosa, perencanaan keperawatan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan pengkajian pre operasi didapatkan masalah keperawatan nyeri kronik, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari keburuhan tubuh dan kecemasan. Sedangkan pada post operasi, masalah keperawatan pasien adalah ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, disfungsi motilitas gastrointestinal dan resiko infeksi. Hasil implementasi pendidikan kesehatan pre operasi adalah tingkat kecemasan pasien yang sebelumnya 9 menurun menjadi 3. Dari hasil pelaksanaan didapatkan bahwa pendidikan kesehatan pre operasi dapat menurunkan tingkat kecemasan seseorang. Saran untuk penelitian selanjutnya agar membuat inovasi baru untuk mengurangi kecemasan pasien pre operasi. Kata Kunci : hernia inguinalis, pendidikan kecemasan pre operasi, kecemasan. Referensi : 35 (2000-2014)

Item Type: Other
Primary Supervisor: N s . L e n i M e r d a w a t i , S . K e p
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:35
Last Modified: 18 Oct 2018 17:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38310

Actions (login required)

View Item View Item