ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN NSTEMI DAN CHF DENGAN PENERAPAN LATIHAN PERNAFASAN ALTERNATE NOSTRIL BREATHING DI RUANGAN CARDIOVASCULAR CARE UNIT (CVCU) RSUP DR. M. DJAMIL PADANG 2018

Widynanda, Septrya (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN NSTEMI DAN CHF DENGAN PENERAPAN LATIHAN PERNAFASAN ALTERNATE NOSTRIL BREATHING DI RUANGAN CARDIOVASCULAR CARE UNIT (CVCU) RSUP DR. M. DJAMIL PADANG 2018. Widynanda Septrya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1-cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
2-BAB 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3-BAB akhir (penutupkesimpulan).pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4-Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (KTI FULL TEXT)
5-tugas akhir ilmiah utuh1 (2 files merged).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penyakit kardiovaskular memiliki mortalitas dan morbiditas yang tinggi. Di Indonesia, diperkirakan terdapat 17,3 juta kematian setiap tahunnya diakibatkan penyakit kardiovaskular, dimana penyakit jantung koroner ( 1,5%) dan gagal jantung (0,13%) menjadi penyumbang terbesar terhadap angka kematian akibat penyakit kardiovaskular ini. Congestive Heart Failure (CHF) adalah suatu kondisi gagal jantung yang ditandai dengan ketidakmampuan jantung (ventrikel kiri) untuk memompakan darah dalam jumlah yang adekuat. Salah satu faktor resiko munculnya CHF adalah adanya sumbatan pada arteri koroner pada pasien dengan sindrom koroner akut (SKA). Manifestasi klinis CHF dapat berupa penurunan curah jantung seperti fatigue dan pusing serta munculnya gejala kongesti seperi sesak saat beraktifitas. Alternate nostril breathing merupakan suatu bentuk latihan pernafasan yang memiliki banyak manfaat untuk menstabilkan gejala pasien dengan penyakit jantung. Diantaranya dapat menurunkan tekanan darah, frekuensi nadi dan mengurangi keluhan sesak pada pasien penyakit jantung. Tujuan penulisan laporan ilmiah ini adalah memaparkan asuhan keperawatan pada pasien NSTEMI dan CHF dengan penerapan latihan pernafasan alternate nostril breathing di ruang Cardiovascular Care Unit (CVCU) RSUP Dr. M. Djamil Padang. Prosedur yang dilakukan dimulai dari pengkajian, analisa data, menetapkan diagnosis keperawatan, menyusun intervensi, melakukan implementasi dan melakukan evaluasi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa masalah keperawatan teratasi dengan baik dan penerapan latihan alternate nostril breathing dapat menurunkan tekanan darah, nadi dan pernafasan pasien dan dapat menstabilkan tanda-tanda vital pasien. Disarankan untuk menerapkan latihan alternate nostril breathing untuk mengatasi masalah penurunan curah jantung dan pola nafas pasien dengan NSTEMI dan CHF. Kata kunci : Non ST Elevation Myocardial Infaction (NSTEMI), Congestive Heart Failure (CHF), Alternate Nostril Breathing Daftar Pustaka : 41 (2002-2018)

Item Type: Article
Primary Supervisor: Elvi Oktarina, M.Kep., Ns. Sp. Kep. MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:36
Last Modified: 18 Oct 2018 17:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38221

Actions (login required)

View Item View Item