Hubungan Riwayat Pemberian ASI Eksklusif terhadap Perkembangan Mental Emosional Anak Usia 3-6 Tahun

Maharani, Eka Budhi Pratiwi (2018) Hubungan Riwayat Pemberian ASI Eksklusif terhadap Perkembangan Mental Emosional Anak Usia 3-6 Tahun. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Cover dan Abstrak Skripsi Hasil Maharani.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Babl 1)
2. Bab 1 Skripsi Hasil Maharani.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
3. Bab 7 Skripsi Hasil Maharani.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka Skripsi Maharani.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. full text lengkap buat eskripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-6 TAHUN Oleh Maharani Eka Budhi Pratiwi Air susu ibu merupakan cairan biologis kompleks yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi termasuk perkembangan mental emosional. Pemberian ASI dianjurkan dari usia 0-6 bulan disebut ASI eksklusif. Pengaruh ASI eksklusif terhadap perkembangan mental emosional anak karena ASI merupakan nutrisi terbaik untuk perkembangan otak anak dan saat menyusui tercipta kelekatan antara ibu dan anak melalui kontak fisik dan psikis yang menstimulus perkembangan mental emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan riwayat pemberian ASI eksklusif terhadap perkembangan mental emosional anak usia 3-6 tahun.Jenis penelitian ini adalah analitik observasional, dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian sebanyak 58 anak usia 3-6 tahun yang berada di wilayah puskesmas Alai kota Padang, diambil dengan metode total sampling, dan dikelompokkan berdasarkan ASI eksklusif dan tidak eksklusif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dengan ibu responden menggunakan kuesioner riwayat ASI anak dan formulir deteksi dini gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) dengan abbreviated conner rating scale. Analisis menggunakan uji Chi-Square dengan p<0.05. Hasil penelitian menunjukkan pemberian ASI eksklusif lebih tinggi (53.5%) daripada ASI tidak eksklusif (46.3%). Anak yang mendapat ASI ekslusif di dapatkan tidak mengalami gangguan mental emosional (100%), sedangkan anak yang tidak mendapat ASI eksklusif terdapat anak yang mengalami masalah mental emosional (3.7%). Hasil analisis bivariat diperoleh p=0.46 (p>0.05), sehingga hubungan pemberian ASI eksklusif terhadap perkembangan mental emosional anak tidak signifikan.Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara riwayat pemberian ASI eksklusif terhadap perkembangan mental emosional anak usia 3-6 tahun di wilayah kawasan puskesmas Alai kota Padang. Kata Kunci : anak, ASI eksklusif, perkembangan mental emosional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Eva Chundrayetti, Sp.A (K)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 04 Oct 2018 13:03
Last Modified: 04 Oct 2018 13:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38043

Actions (login required)

View Item View Item