PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIASI VARIABEL PADA PERAWAT PELAKSANA RSUD PARIAMAN TAHUN 2017

Siska, Siska Sakti Angraini (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIASI VARIABEL PADA PERAWAT PELAKSANA RSUD PARIAMAN TAHUN 2017. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS full texs.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perawat yang memiliki Organizational citizenship behavior sangat dibutuhkan karena OCB melibatkan beberapa perilaku, misalnya perilaku menolong orang lain, aktif dalam kegiatan organisasi, bertindak sesuai prosedur dan memberikan pelayanan kepada semua orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior dengan kepuasan kerja sebagai mediasi variabel pada tenaga perawat pelaksana RSUD Pariaman. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang perawat pelaksana. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel kepemimpinan transformasional (uji t- statistik 4,87) dan iklim organisasi (uji t- statistik 8,27) terhadap OCB, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel kepemimpinan transformasional (uji t- statistik 3,59) dan iklim organisasi (uji t statistik 4,71) terhadap kepuasan kerja, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel kepuasan kerja terhadap OCB (uji t-statistik 5,49), terdapat pengaruh yang tidak signifikan dan positif antara variabel kepemimpinan transformasional terhadap OCB melalui kepuasan kerja dengan hasil sebesar 4.87% dengan nilai koefisien parameter 0,09 dan nilai efek mediasinya sebesar 28,41% serta terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel iklim organisasi terhadap OCB melalui kepuasan kerja dengan hasil sebesar 6,29% dengan nilai koefisien parameter 0,12 dan nilai efek mediasinya sebesar 23,19%. Diharapkan perawat di RSUD Pariaman dapat meningkatkan OCB yang selama ini telah berjalan, dengan meningkatkan kesadaran sendiri, memiliki rasa toleransi dan meminimalkan konflik dalam organisasi. Diharapkan kepala ruangan dapat mengubah cara kerja perawat pelaksana menjadi lebih baik dengan cara menjalin kerja sama dan komunikasi yang baik terhadap bawahannya dan memotivasi mereka sehingga perawat akan merasa puas terhadap pekerjaan yang dilakukan. Kata Kunci : Kepemimpinan transformasional, Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja, OCB Daftar pustaka : 105 (2005-2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Fahmy, SE, MBA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 18 Sep 2018 10:38
Last Modified: 18 Sep 2018 10:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37826

Actions (login required)

View Item View Item