INSTAGRAM DAN EKSISTENSI DIRI (Studi Kasus: Instagram sebagai Media Eksistensi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas)

Ihsanul, Akhiar (2018) INSTAGRAM DAN EKSISTENSI DIRI (Studi Kasus: Instagram sebagai Media Eksistensi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2.BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
3.BAB akhir.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img] Text (Full text skripsi)
gabung semua upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ihsanul Akhiar, 1110822008 “INSTAGRAM DAN EKSISTENSI DIRI” Instagram Sebagai Media Eksistensi Diri Mahasiswa FISIP Universitas Andalas. Pembimbing I Prof. Dr. Rer. Soz. Nursyirwan Effendi . Pembimbing II Dr. Syahrizal, M.Si. Jurusan Antropologi Sosial. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Era digital yang melanda dunia membuat media sosial berkembang dengan pesat, dimana Instagram menjadi salah satu media sosial yang sangat digandrungi oleh anak muda belakangan ini. Mahasiswa yang notabene anak muda yang hidup penuh gaya menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasinya. Di Instagram terjadi fenomena eksistensi yang mana mahasiswa menunjukan kelebihan dirinya dari orang lain dan kebutuhan akan pengakuan dirinya lebih dari orang lain dengan membagikan foto maupun video keseharianya. Penelitian ini didasari atas permasalahan (1)Bagaimana fenomena Instagram sebagai media eksistensi pada mahasiswa FISIP Universitas Andalas? (2)Bagaimana pengaruh penggunaan Instagram terhadap gaya hidup dan trend pada mahasiswa FISIP Universitas Andalas?. Dengan tujuan (1)Untuk mengetahui fenomena Instagram sebagai media eksistensi diri pada mahasiswa FISIP Universitas Andalas (2)Untuk mendiskripsikan pengaruh Instagram terhadap gaya hidup dan trend mahasiswa FISIP. Untuk mencapai tujuan di atas maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sedangkan pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan studi pustaka. Dari penelitian ini dapat di lihat bahwa penggunaan Instagram sebagai media eksistensi diri mahasiswa adalah karena adanya gaya hidup mahasiswa yang mengikuti trend-trend yang berkembang saat ini, adanya rasa ingin di hargai dan keinginan untuk mendapatkan pengakuan oleh orang-orang di sekitarnya. Kata Kunci : Eksistensi, Gaya Hidup, Instagram, Trend

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 01 Aug 2018 14:45
Last Modified: 01 Aug 2018 14:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37352

Actions (login required)

View Item View Item