PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UNTUK SISTEM TRANSAKSI DAN MANAJEMEN INVENTORI PADA APOTEK PADANG MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK DOLIBARR ERP-CRM

Ofitra, Imazhona (2018) PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UNTUK SISTEM TRANSAKSI DAN MANAJEMEN INVENTORI PADA APOTEK PADANG MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK DOLIBARR ERP-CRM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Abstrack)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
TA Full Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Apotek Padang merupakan salah satu perusahaan profit non pemerintah yang bergerak di bidang farmasi di Kota Padang. Perusahaan ini belum menggunakan komputer untuk menunjang proses bisnis nya. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1992 ini memiliki data perusahaan yang cukup banyak untuk dapat dikelola dengan cara manual. Pengelolaan data dengan cara manual cukup rumit jika dilakukan pada data yang saling berelasi. Dibutuhkan banyak berkas untuk penyimpanan beragam jenis data perusahaan, dan membutuhkan waktu yang lebih untuk mengelola data, seperti mencari, merubah, dan menghapus data. Oleh karena itu diterapkan perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) Dolibarr ERP-CRM membantu mempermudah proses bisnis dan mengelola data yang berhubungan dengan proses transaksi dan manajemen inventori. Penerapan perangkat lunak ERP ini dimulai dengan studi pendahuluan yaitu melakukan metode pengamatan dan wawancara dengan pengelola Apotek Padang yang bertujuan untuk mengetahui alur proses bisnis perusahaan. Kemudian alur proses bisnis perusahaan digambarkan dalam bentuk BPMN dan usecase diagram. Setelah itu dilakukan pnyesuaian antara perangkat lunak Dolibarr ERP-CRM dengan kebutuhan Apotek Padang. Pada perangkat lunak yang telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, dilakukan pengujian sistem salah satunya dengan membandingkan kesamaan hasil faktur transaksi yang dihasilkan Dolibarr ERP-CRM dengan faktur transaksi manual yang ada pada Apotek Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan perangkat lunak Dolibarr ERP-CRM dapat mengatasi permasalahan pada proses bisnis transaksi dan manajemen inventori yang terjadi di Apotek Padang. Keyword : Enterprise Resource Planning (ERP), sistem transaksi, manajemen inventori, Dolibarr ERP-CRM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 27 Jul 2018 12:49
Last Modified: 27 Jul 2018 12:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36975

Actions (login required)

View Item View Item